Harga Bawang Merah Naik Terjadi Di Seluruh Indonesia | Tribun-Maluku.com | Berita dan Informasi Seputar Maluku Terkini
Home » » Harga Bawang Merah Naik Terjadi Di Seluruh Indonesia

Harga Bawang Merah Naik Terjadi Di Seluruh Indonesia

Rabu, 20 Maret 2013 | 6:13 AM
Bustaman Ohorella,

AMBON Tribun-Maluku.Com
,  Harga bawang merah  dan bawang putih yang terjadi di pasar tradisional akhir-akhir ini sempat menimbulkan keluhan masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga dan data terkini harga bawang merah per 18 Maret 2013 adalah Rp. 45.000 per Kg dan bawang putih Rp. 60.000 per Kg, dan kemungkinan besar  harga ini akan naik terus. 
Demikian penjelasan Bustaman Ohorella, SE Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Provinsi Maluku kepada T-M.Com di ruang kerjanya (19/03). Menurut Ohorella,  kondisi ini terjadi bukan saja di Provinsi Maluku dan Kota Ambon namun, di seluruh Indonesia karena kebutuhan  masyarakat  tetap sementara ketersediaannya berkurang,  karena  produksi  bawang merah di Pulau Jawa berkurang akibat kondisi cuaca yang kurang baik sementara bawang putih masih diimport dari  negara Cina.
Untuk mengantisipasi hal ini maka pihaknya terus melakukan koordinasi  dengan pihak  pemerintah jawa Timur  dalam hal ini Disperindag setempat untuk bisa mensuplay bawang merah ke Maluku, namun hingga kini belum ada karena kondisi di Jawa Timur agak kesulitan juga.
Dikatakan, untuk Provinsi Maluku  85 sampai 90 persen kebutuhan masyarakat masih tergantung dari  sentra produksi di Pulau Jawa dan Sulawesi  misalnya untuk bawang merah, maka untuk memperkecil ketergantungan kita  Ohorela berharap agar dinas-dinas yang berkompeten harus bisa memproduksi  untuk memperkecil kenaikan harga seperti yang terjadi sekarang ini. Jika tidak maka kondisi ini kemungkinan besar akan terjadi lagi pada tahun-tahun  yang akan datang dan soal harga produksi tetap ditentukan oleh sentra.(02TM)

Pasang Iklan di Tribun-Maluku.com
Like this article :
Komentar
0 Komentar

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


Pasang Iklan Disini

 
Terima Kasih Sudah Berkunjung di Tribun Maluku