Siswa Tertunda Keberhasilan Diberikan Kesempatan Ikut Paket B | Tribun-Maluku.com | Berita dan Informasi Seputar Maluku Terkini
Home » » Siswa Tertunda Keberhasilan Diberikan Kesempatan Ikut Paket B

Siswa Tertunda Keberhasilan Diberikan Kesempatan Ikut Paket B

Selasa, 04 Juni 2013 | 11:05 AM

Ambon,Tribun-Maluku.com : Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Ambon, Drs Jantje S.R Mahulette. M.MPd, kepada wartawan di ruang kerjanya pekan kemarin ,Keberhasilan siswa-siswa yang tertunda untuk tahun ini tidaklah ada ujian ulang, seperti yang dialami oleh kedua siswa SMP Negeri 6 Ambon.

Mereka yang belum berhasil termasuk kedua anak didiknya tetap akan diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian Paket B yang mana sama dengan Ujian reguler hanya untuk mendapatkan ijasah.

Dengan Ijasah ujian Paket B tersebut menurut Mahulette, kalau siswa-siswa tersebut berhak melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.
Untuk itu dirinya mengharapkan kepada orang tua agar janganlah berpikir kalau itu hanyalah ujian paket makanya tidaklah harus diikuti, kalau dalam mengikuti ujian itu tidaklah ada permasalahannya, hal ini dikarenakan sama dengan ujian regular.

Untuk kedua siswa yang tidak lulus ini menurutnya adalah siswa yang selalu bermasalah disekolah, dimana sering terlambat, sering tidak melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, dan pada saat pelaksanaan jam belajar tambahan atau triout dalam menghadapi UN bahkan tidak mengikuti walaupun sudah sering ditegur, dan orang tuanya dipanggil.

Dari sekian anak yang bermasalah tersebut ada beberapa yang berhasil dalam pelaksanaan UN, itu semuanya dikarenakan mereka melakukan perubahan, tetapi untuk kedua anak tersebut tidaklah ada perubahan sehingga keberhasilannya tertunda.

Ia menambahkan, setelah dikaji dan dilihat hasil ujian kedua anak tersebut memanglah benar kalau hasil Ujian Sekolah tidaklah bisa menopang hasil UN.
Keberhasilan siswa Tingkat SMP Reguler, juga bisa diraih dan dirasakan oleh siswa-siswa SMP Terbuka yang dibawah naungan SMP Negeri 6 Ambon .
Untuk SMP terbuka hasil kelulusan yang dicapai tahun ini menurut Mahulette 100 persen lulus, yang diikuti oleh 25 peserta Ujian Nasional

Sementara terkait dengan kelas akselerasi pada sekolahnya menurut Mahulette kalau kelas tersebut angka kelulusan yang dicapai adalah 100 persen dengan perbedaan nilai sangat jauh dimana untuk kelas akselerasi nilai rata-rata mencapai 8 dan yang sedikit memperoleh nilai dibawah 5 .

Menurut Mahulette, kalau dilihat dari nilai untuk kelas akselrasi dan reguler kemampuan kelas akselerasi jauh sekali daripada anak-anak kelas reguler
Untuk itu dirinya mengharapkan agar kedepan wawasan orang tua, masyarakat harus diubah pola pikirnya untuk terus bergantung kepada sekolah karena anak disekolah hanya dalam kurun waktu yang sangat singkat.

Sementara diluar anak-anak mempunyai waktu yang cukup banyak, untuk itu waktu yang banyak tersebut jangan terbuang dengan sia-sia, tetapi bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk memberikan kesempatan kepada anak untuk mengikuti kursus-kursus tambahan agar memperkuat pengetahuan yang sudah diperoleh disekolah.(TM-05)
Like this article :
Komentar
0 Komentar

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Terima Kasih Sudah Berkunjung di Tribun Maluku