Dinkes Maluku Benahi Sarana RS Jelang Penerapan BPJS | Tribun-Maluku.com | Berita dan Informasi Seputar Maluku Terkini
Home » » Dinkes Maluku Benahi Sarana RS Jelang Penerapan BPJS

Dinkes Maluku Benahi Sarana RS Jelang Penerapan BPJS

Kamis, 19 September 2013 | 4:48 PM
Dinas Kesehatan Provinsi Maluku sedang melakukan pembenahan sarana pendukung di setiap rumah sakit sebagai langkah awal terkait penerapan Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dimulai Januari 2014.
Ambon, Tribun-Maluku.com : Dinas Kesehatan Provinsi Maluku sedang melakukan pembenahan sarana pendukung di setiap rumah sakit sebagai langkah awal terkait penerapan Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang dimulai Januari 2014.

"Sosialisasi sudah dilakukan dan menyangkut kesiapan sarana/prasarana pendukung pelayanan kesehatan saat ini sedang dibenahi secara menyeluruh," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dr. M. Pontoh di Ambon, Kamis (19/9).

Selain itu, perbaikan manajemen dan sistem pelayanan kesehatan yang lebih baik juga sementara dibenahi dan dilengkapi pada setiap rumah sakit, terutama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang tersebar di 11 kabupaten dan kota.

Kebijakan ini ditempuh agar sebelum memasuki bulan pertama tahun 2014 nanti, penerapan program BPJS ini sudah siap dijalankan secara maksimal kepada seluruh peserta yang jumlahnya tentu sangat banyak.

"Intinya, siap atau tidak siap harus tetap siap melaksanakan pelayanan kesehatan terhadap seluruh peserta, karena ini merupakan program pemerintah yang harus dijalankan sesuai ketentuan Undang-Undang BPJS," katanya.

Sementara Ketua Panitia Khusus Rumah Sakit Umum Daerah DPRD Maluku Suhfi Madjid mengatakan bahwa target kerja pansus untuk memastikan ada penataan pelayanan kesehatan di RSUD Haulussy dan RSUD lainnya.

"RSUD sedang didorong menjadi Badan Layanan Umum (BLU) sehingga profesionalisme layanan umum ini harus profesional menghadapi program pemerintah dalam memberlakukan Sistem BPJS yang agak berbeda dengan Jamkesmas," katanya.

Makanya fungsi rumah sakit nantinya lebih komplikatif sehingga sejak awal pansus ingatkan tentang penyediaan fasilitas penunjang, pembenahan sistem dan penguatan sumberdaya manusia serta upaya maksimalisasi pelayanan sehingga kepuasan masyarakat bisa terwujud.(ant/tm)
Pasang Iklan di Tribun-Maluku.com
Like this article :
Komentar
0 Komentar

0komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


Pasang Iklan Disini

 
Terima Kasih Sudah Berkunjung di Tribun Maluku