Ribuan Umat Katolik MTB Gelar Doa Untuk NKRI

Ribuan umat Katolik dari sejumlah paroki dan stasi di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), menggelar doa Rosario solidaritas untuk NKRI yang berpusat di taman kota atau tugu Ir.Soekarno, Saumlaki, Minggu (14/5).
Saumlaki,TribunMaluku.com : Ribuan umat Katolik dari sejumlah paroki dan stasi di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), menggelar doa Rosario solidaritas untuk NKRI yang berpusat di taman kota atau tugu Ir.Soekarno, Saumlaki, Minggu (14/5).

Umat secara bersamaan berdevosi kepada Bunda Maria dan mendoakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mendoakan pemimpin Negara dan daerah MTB, serta para pejuang keadilan dan kebenaran maupun mendoakan damainya negeri ini.

Doa Rosario meriah yang dipimpin oleh tujuh orang imam dengan selebran utama yakni Wakil Uskup Wilayah Maluku Tenggara Barat dan Maluku Barat Daya, RD. Simon Petrus Matruty itu dihadiri juga oleh puluhan suster dari tarekat Alma, MM, dan PBHK.

Doa Rosario dengan ujud doa yang dibacakan secara langsung oleh lima orang perwakilan umat dari masing-masing paroki dan stasi itu dilanjutkan dengan pembakaran lima belas ribu lilin sesuai jumlah perwakilan umat yang hadir mengelilingi patung Ir.Soekarno.

Wakil Uskup mengatakan negeri ini sedang berada dalam suasana sulit, dan melalui firman Tuhan saat ini umat diajak untuk menjadi garam dan terang dunia bagi semua orang. Untuk itu, identitas ini hendaknya melekat sehingga dapat membawa terang, sukacita dan kebahagiaan bagi semua orang.

"Untuk itu, hanya dengan doa maka pemerintah, aparat penegak hukum dan seluruh pemimpin di negeri ini dimampukan oleh Tuhan untuk bertindak jujur, adil dan mengedepankan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan” katanya.

Wakil Uskup menjelaskan umat Katolik yakin dan percaya bahwa dengan berdevosi kepada bunda Maria, ibu Yesus maka akan terjadi banyak mujizat untuk bangsa ini. Hal itu seperti diimani dalam kitab suci yakni peristiwa di Kana.

“Kami tidak punya kemampuan apa-apa, namun kami yakin dan percaya bahwa hanya dengan doa sajalah maka rahmat Tuhan akan turun untuk negeri kita ini, sehingga aman dan damai akan terwujud” katanya.

Ditambahkan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari seruan moral Uskup Diosis Amboina, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, dimana Uskup menghendaki agar umat katolik tidak berdiam diri dalam situasi bangsa saat ini melainkan terus memperjuangkan cita-cita negeri ini untuk mewujudkan keadilan, keamanan, kemakmuran.

“Uskup selalu menekankan bahwa nilai kemanusiaan di negeri ini mestinya diutamakan karena dengan begitu akan menyatukan semua masyarakat dengan keanekaragaman yang kita miliki” tuturnya.

Pantauan media ini, kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar hingga berakhir yang dikawal ketat oleh aparat kepolisian resort MTB. Selain berdoa, mereka juga membawa sejumlah spanduk yang bertuliskan ajakan dan komitmen umat untuk mempertahankan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bineka Tunggal Ika.

Padatnya massa, sehingga kepolisian terpaksa mengalihkan lalu lintas satu arah di jalan Ir. Soekarno karena arah jalan menuju luar kota didepan kantor Bupati dan DPRD telah dipadati oleh ribuan massa. Kegiatan tersebut berjalan lancar dan setelah berakhir, massa akhirnya dengan tertib membubarkan diri.

Perwakilan umat yang datang dari beberapa paroki seperti Ratu Rosario suci Olilit Timur, Hati Kudus Yesus Olilit Barat, Paroki Santo Mathias yang membawahi stasi Saumlaki, stasi Sifnana, dan stasi Bomaki, serta Paroki Santo Petrus Lorulun seperti stasi Lauran, Kabyarat, Ilngei, Wowonda, Tumbur dan Lorulun, maupun perwakilan umat dari Paroki Hati Kudus Arui.

Ribuan Umat Katolik MTB Gelar Doa Untuk NKRI Reviewed by Tribun Maluku on Senin, Mei 15, 2017 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.