Satgas Saber Pungli Berhasil Ringkus BR

Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) berhasil meringkus koordinator Pengawas Keuangan Negara (PKN) Kota Tual dan Maluku Tenggara, "BR" yang diduga melakukan pemerasan terhadap sejumlah kepala desa di kecamatan Kei besar, Kabupaten Maluku Tenggara.
Wakapolres Maluku Tenggara, Kompol Rosita Umasugi
Langgur, Tribun-Maluku.com : Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) berhasil meringkus koordinator Pengawas Keuangan Negara (PKN) Kota Tual dan Maluku Tenggara, "BR" yang diduga melakukan pemerasan terhadap sejumlah kepala desa di kecamatan Kei besar, Kabupaten Maluku Tenggara.

"Operasi Tangkap Tanggan (OTT) yang dilakukan oleh Satgas Saber Pungli, Senin (7/8) pada pukul 14.40 Wit, oleh pelaku BR yang diduga melakukan pemerasan terhadap kepala Ohoi yang ada di kecamatan kei besar," kata Wakapolres Maluku Tenggara, Kompol Rosita Umasugi, di Polres Malra, Jumat (11/8).

Umasugi yang juga Ketua Tim saber pungli menjelaskan, pelaku melakukan aksi pemerasan dengan motif ancaman terhadap kepala ohoi (Desa).

"Laporan dari masyarakat , BR membawa surat tugas dari PKN dan meminta sejumlah uang dari kepala ohoi dan apabila tidak memberikan uang tersebut, BR mengancam mengusulkan kepala ohoi dan kepala bumo dimutasikan,"jelasnya.

Dia menambahkan, BR sebelumnya meminta uang kepada kepala ohoi sebanyak RP 3 Juta, namun kepala ohoi tidak memilik uang sebanyak yang dimintakan oleh pelaku.

"Pada awalnya yang bersangkutan meminta untuk ketemu di warung coto cipta rasa di SKB UN, namun pada saat pertemuan disana yang bersangkutan meminta uang sebesar 3 juta tetapi kepala ohoi tersebut, hanya memiliki uang 1 juta dan diserahkan kepada yang bersangkutan yang ditolak BR dengan alasan uang terlalu sedikit," terangnya.

BR, lanjut Umasugi, meninggalkan lokasi kegiatan dan tidak terjadi transaksi. Tersangka BR kemudian kembali menghubung kepala tersebut untuk ketemu di depan DPR.

"Saat menyertakan uang sebanyak RP 2 juta, Satgas Saber Pungli langsung melakukan operasi tangkap tangan dan pelaku BR digiring ke Polres Malra untuk melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan,"  katanya.

Umasugi berharap kepada masyarakat, apabila merasa ada oknum yang sengaja menggunakan kapasitasnya untuk melakukan pemerasan, maka melaporkan kepada Satgas Saber Pungli.

"Masyarakat bisa melaporkan ke sekretariat Saber Pungli yang ada di Inspektorat Kota Tual dan Inspektorat Kabupaten Maluku Tenggara atau langsung saja melaporkan di Polres Malra,"tandasnya.
Satgas Saber Pungli Berhasil Ringkus BR Reviewed by Tribun Maluku on Sabtu, Agustus 12, 2017 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.