95 Lulusan SUPM Waiheru Telah Bekerja Di Jepang dan Korea

AMBON Tribun-Maluku.com- 95 lulusan SMK Kelautan dari Maluku sudah bisa bersaing dan telah bekerja di kapal-kapal yang di Jepang dan Korea. Dalam beberapa hari kedepan akan dikirim 11 tenaga lulusan SMK Kelautan ke Jepang sesuai permintaan.

Selain pengetahuan atau kompetensi yang dimiliki siswa SMK juga dibutuhkan karakter, karena harus memiliki istilah terdidik dan kompetensi bukan sebaliknya kompetensi dan terdidik.

Di Jepang dan Korea tidak sekedar membutuhkan orang pintar, tetapi orang yang berkarakter dan dengar-dengaran,"kata Kepala SUPM Negeri Waiheru Ambon, Achmad Jais Ely, ST. M.Si di Ambon, Sabtu (11/11/2017).

Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon sebagai salah satu sekolah tempat praktek kerja industrl, oleh para siswa SMK Kelautan di Maluku dan Maluku Utara.

SUMP Waiheru Ambon telah memiliki sarana praktikum yang lengkap, sehingga setiap tahun sebanyak 500 siswa SMK Kelautan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di sekolah tersebut.

"Kita sudah menjalin kerjasama dengan 35 SMK Kelautan di Maluku dan Maluku Utara melalui penandatanganan MoU, sebagai persyaratan agar siswanya dapat melakukan PKL di SUPM ini,"ucapnya.

Menurutnya, sesuai data yang dihimpun ada 11 SMK Kelautan di Maluku dan Maluku Utara yang sudah menandatangani MoU dengan jumlah siswa yang masuk 368 orang.

Guna memenuhi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maka setiap siswa SMK harus mengikuti praktek kerja industri dan harus dilakukan di SUPM.

SUPM Waiheru memiliki fasilitas/sarana yang memadai seperti; Simolator, Pesinggir, 2 buah jenis Kapal latih untuk Neotika, Untuk budidaya memiliki Hekteri air laut maupun tawar, memiliki Krambah air apung dan Colstorg mini.

"Semua fasilitas ini dapat menunjang siswa jika nantinya terjun ke bursa kerja, mereka sudah tidak canggung dalam menemui sarana peralatan tersebut,"katanya.

Tanpa berlebihan Jais Ely katakan, tidak ada tempat praktek yang layak bagi para siswa SMK Kelauan di Maluku dan Maluku Utara selain di SUPM Waiheru Ambon.(TM04)
95 Lulusan SUPM Waiheru Telah Bekerja Di Jepang dan Korea Reviewed by Ibek Melsasail on Sabtu, November 11, 2017 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.