BKB Melati Pimpinan Ibu Rina Wattimena Berkembang Pesat

Dra. Rina Wattimena (Tengah), Bersama Kader BKB Melati
AMBON Tribun-Maluku.com- Aktivitas kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Melati yang berlokasi di RT 001/RW 05 Kelurahan Wainitu Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon berkembang sangat pesat. Pernah menjadi juara I lomba antar BKB tingkat Kota Ambon tahun 2013, sebagai pengelola BKB terbaik tingkat Provinsi Maluku tahun 2016 dan sempat mewakili Maluku di tingkat Nasional.

Pelayanan pada BKB Melati bersamaan dengan pelayanan Pos Yandu Beringin Sembilan yaitu sesuai jedwal, hari Jumat minggu kedua bulan berjalan,"kata Pembina BKB Melati Dra. Rina Wattimena di Ambon, Selasa (14/11/2017).

Lembaga yang dipimpin Ibu Rina Wattimena termasuk dalam BKB Holistik Integratif karena merupakan gabungan dari BKB Melati, Pos Yandu Beringin Sembilan dan PAUD Filma.

Jumlah ibu dan anak balita yang dibina pada BKB ini sebanyak 50 orang. Ibu-ibu yang mempunyai anak balita mendapat penyuluhan dari kader BKB tentang tumbuh kembang anak dan sangat antusias dengan program ini. Sementara anak-anak balita diberikan Alat Permainan Edukatif (APE), untuk merangsang kecerdasan otak anak pada usia dini.

Ada dua jenis APE yaitu APE di dalam ruangan dan APE di luar ruangan. Hasil pantauan Media ini di lokasi BKB Melati terlihat anak usia dini sangat senang dengan permainan APE, bahkan ada anak yang ingin untuk membawa pulang APE ke rumah.

"Ada peningkatan aspek tumbuh kembang anak menjadi lebih baik karena selalu dipantau dengan Kartu Kembang Anak (KKA) yang hasil grafiknya meningkat,"ucapnya.

Terdapat lima kelompok umur anak usia dini pada BKB Melati yaitu; 0-1 tahun, 1-2 tahun, 2-3 tahun, 3-4 tahun dan 4-5 tahun dengan jenis permainan masing-masing kelompok umur.

Sebanyak lima orang kader pada kelompok BKB Melati meskipun mereka tidak dibayar selayaknya sebagai seorang pekerja, namun mereka dengan setia melaksanakan tugas mulia ini.

"Suka duka dalam menjalankan tugas mulia ini kata ibu Rina, ada suka cita tersendiri karena anak usia dini yang di bina pada BKB Melati sangat kreatif dan cerdas. Inilah modal untuk masa depan anak-anak kita,"jelasnya.(TM02)
BKB Melati Pimpinan Ibu Rina Wattimena Berkembang Pesat Reviewed by Ibek Melsasail on Selasa, November 14, 2017 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.