Kerja Keras Dan Belajar Tanpa Narkoba, Kunci Sukses Masa Depan

Syarifah Lulu Assagaff, S.Psi.
Kreatifitas generasi muda merupakan kemampuan imajinasi mereka untuk menafsirkan, mengemukakan, melahirkan, dan membuat sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Kreatifitas akan menguatkan kesadaran dan membangun penghargaan diri serta memperkuat karateristik seseorang. Untuk tercapainya kreatifitas itu, orang tua dan lingkungan haruslah senantiasa mendukung, mengakui ekspresi diri dan menyediakan sumber daya untuk mensuport kreatifitas tersebut.

Semua generasi muda pada dasarnya merupakan orang-orang yang cerdas dan kreatif. Meskipun tingkat kecerdasan dan kreatifitas masing-masing mereka berbeda-beda, namun tersimpan kreatifitas itu pada jiwa setiap individu yang dapat digali dan dikembangkan ke arah yang lebih baik dengan berbagai aktifitas yang lebih positif.

Berbagai aktifitas positif dapat menyibukkan generasi muda serta memberikan manfaat yang besar bagi mereka dan lingkungannya. Misalnya, dengan kegiatan keagamaan, sosial kemasyarakatan, dan wirausaha kecil yang dapat diberdayakan untuk meningkatkan skill dan keterampilan mereka, sehingga timbul keyakinan diri, penghargaan diri, pertahanan spiritual/agama yang kuat, berfokus pada jangka panjang serta berorientasi masa depan.

Dengan sendirinya, generasi muda akan terhindar dari hal-hal yang negatif termasuk terjerumus dalam penyalahgunaan Napza/Narkoba.

Sayangnya, orang tua dan lingkungan kerap kali tidak memberikan kesempatan pada generasi muda dan kurang memberikan kepercayaan, bahkan membunuh kreatifitas generasi muda dengan cibiran “Kencing saja belum lurus apalagi bekerja/berkreasi”.

Padahal semestinya generasi tua sadar bahwa ketika mereka muda, mereka memikirkan masa depan dan ketika mereka tua, mereka memikirkan bagaimana memberikan peluang bagi generasi muda, bukan sebaliknya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kita tidak selalu bisa membangun masa depan untuk generasi muda, tapi kita dapat membangun generasi muda untuk masa depan bangsa dan Negara melalui pendidikan karakter sejak dini, pada lingkungan keluarga masing-masing sehingga timbul kepercayaan diri, penghargaan diri, dan karakter yang kuat dan perkasa pada generasi muda dalam berkreatifitas dan berimprovisasi.

Dengan menyibukkan dan memberikan kesempatan serta tanggungjawab kepada mereka untuk aktif di berbagai kegiatan maupun aktifitas positif demi pengembangan skill dan keterampilan serta masa depan mereka, sehingga mereka terhindar dari pergaulan maupun aktifitas yang akan menjerumuskan mereka dalam penyalahgunaan dan pengedaran gelap Napza/Narkoba.

Tak ada lagi alasan bagi mereka untuk takut akan sindiran teman dengan ungkapan banci, tidak jantan, kurang perkasa, dan tidak setiakawan karena dengan kemapanan psikologis dan orientasi generasi muda yang lebih berfokus pada masa depan diri dan bangsa untuk lebih maju melakukan perubahan dan pengembangan.

Tidak ada pula kata terlambat bagi orang tua untuk memberikan kesempatan dan tanggungjawab kepada generasi muda untuk berimprovisasi dan tidak ada lagi sindiran orang tua yang membunuh karakter generasi muda dalam berkreatifitas membangun skill sebagai pewaris bangsa.

Generasi muda memiliki harapan dan cita-cita yang luhur dalam membangun dirinya berwawasan yang luas serta memiliki inovasi pada pengembangan potensi diri untuk mencapai kualitas hidup dalam berkarya serta membangun karakternya agar menuai kesuksesan suatu masa depan.

Narkoba adalah suatu bahan/zat berbahaya jika disalahgunakan dapat menjerumuskan generasi muda bangsa menuju kehancuran masa depan. Banyak sekali anak muda yang terlanjur menyalahgunakan barang haram ini, sehingga butuh waktu yang lama serta biaya yang tinggi untuk dapat memulihkan para pemuda menyalahgunakan narkoba tersebut.

Kunci sukses untuk membangun masa depan yang berkualitas harus diimplementasikan oleh kawula muda adalah melalui kerja keras dan belajar secara tekun, karena narkoba adalah senjata utama pembunuh masa depan generasi muda.

Kreatifitas generasi muda perlu diwujudkan dalam semangat yang pantang menyerah dengan mengekspresikan ide-ide brilliant yang ada dalam diri seorang anak muda sesuai talenta yang dimilikinya, dengan semangat "Katakan Tidak Pada Narkoba". 

Karena dampak dari menyalahgunakan narkoba yang diperolah adalah penderitaan yang berkepanjangan melalui akumulasi berbagai jenis penyakit baik fisik maupun psikis, yang merujuk pada kematian secara mendadak atau perlahan–lahan tetapi pasti.

“STOP NARKOBA”. Aku Perkasa Tanpa Napza Untuk Bangsa.(Oleh : Syarifah Lulu Assagaff, S.Psi.  Staf BNNP Maluku)
Kerja Keras Dan Belajar Tanpa Narkoba, Kunci Sukses Masa Depan Reviewed by Ibek Melsasail on Rabu, November 08, 2017 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.