SLB Karya Kasih Akan Gelar Festival Lomba Seni Dan Pameran Seni Rupa

Sr. Irmina Fanumby, S.Pd
AMBON Tribun-Maluku.com- Sekolah Luar Biasa (SLB) Tuna Rungu Karya Kasih yang bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Katolik Keuskupan Amboina Cabang Efata, akan menggelar Festival Lomba Seni dan Pameran Seni Rupa bagi pelajar se-Provinsi Maluku pada tanggal 27 November sampai 2 Desember 2017.

Kegiatan ini merupakan realisasi dari program Walikota Ambon yang telah mencanangkan Ambon sebagai Kota Inklusif,"kata Suster (Sr). Irmina Fanumby, S.Pd di Ambon, Rabu (15/11/2017).

Menurutnya, peserta yang akan mengikuti Festival Lomba Seni dan Pameran Seni Rupa ini tidak hanya berasal dari pelajar SLB, namun juga melibatkan pelajar dari sekolah reguler.

Festival ini bertujuan; untuk mensosialisasikan tentang anak-anak berkebutuhan khusus, karena dalam Undang-Undang telah mengatur bahwa anak-anak berkebutuhan khusus mempunyai hak yang sama dengan anak-anak Indonesia lainnya.

Selain itu, untuk memperlihatkan bahwa anak-anak yang berkebutuhan khusus juga mempunyai bakat dan talenta yang bisa dikembangkan.

"Anak-anak yang berkebutuhan khusus (Tuna Rungu) meskipun kurang dalam pendengaran namun mempunyai banyak kemampuan atau talenta yang bisa untuk dikembangkan,"ucapnya.

Festival ini dilaksanakan dengan melibatkan anak-anak yang Tuna Netra dan Tuna Rungu, agar masyarakat tahu bahwa anak-anak berkebutuhan khusus mempunyai hak yang sama dengan anak-anak lainnya agar mereka tidak dikucilkan di masyarakat.

Sr. Fanumby Dan Siswa SLB Karya Kasih Sedang Melukis
"Kegiatan ini dilaksanakan untuk menepis kesan bahwa anak-anak yang berkebutuhan khusus tidak perlu untuk sekolah dan tidak perlu belajar, padahal mereka mempunyai bakat yang besar yang selama ini terpendam,"katanya.

Ada 14 mata lomba yang akan diperlombakan dalam even ini yakni; lomba Mewarnai untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Melukis untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA, lomba baca Puisi, Pantomim, Goyang Tobelo, Nyanyi Solo dan Band.

Persiapannya disesuaikan dengan kemampuan panitia karena keterbatasan anggaran. Namun demikian, panitia akan berbuat yang terbaik bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus di daerah ini.(TM02)
SLB Karya Kasih Akan Gelar Festival Lomba Seni Dan Pameran Seni Rupa Reviewed by Ibek Melsasail on Rabu, November 15, 2017 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.