Jalan Seri-Hukurila Dibangun Dengan Dua Sumber Dana

Rustam Simanjuntak, ST. MT
AMBON Tribun-Maluku.com- Pembangunan jalan Seri-Hukurila Kota Ambon sesuai hasil kesepakatan bersama, ditangani/dibangun dengan dua sumber anggaran yaitu APBD Kota Ambon dan APBD Provinsi Maluku.

ABPD Kota Ambon digunakan untuk membangun jembatan-jembatan, sedangkan APBD Provinsi Maluku untuk membangun jalan,"kata Kepala Bidang Pengembangan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) Kota Ambon, Rustam Simanjuntak, ST. MT di Ambon, Kamis (7/12/2017).

Menurut Simanjuntak, tahun 2016 lalu ada empat buah jembatan yang sudah dikerjakan oleh Dinas PUPR Kota Ambon pada ruas jalan Seri-Hukurila dengan jumlah anggaran 3 milyar lebih.

Sedangkan tahun 2017 ini ada dua buah jembatan yang sudah dibangun dengan jumlah anggaran 2 milyar lebih, dan sesuai rencana tahun 2018 nanti ada tiga buah jembatan yang akan dibangun dengan jumlah anggaran 5 milyar lebih.

Tujuan Pemerintah untuk membuka jalan Seri-Hukurila adalah; Guna membuka keterisolasian masyarakat di wilayah itu, Membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, Mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Ambon di bidang Pariwisata dan Membuka konektifitas jalan pada desa-desa sekitar.

Dikatakan, dengan dibukanya jalan Seri-Hukurila maka seluruh wilayah di Kota Ambon sudah terkoneksi dengan jalan serta memperpendek rentang kendali.

Kedepan, sesuai rencana akan dibuka akses jalan dari negeri Seri, Mahia, Naku, Kilang dan Hukurila menuju jalan utama untuk mempermudah akses masyarakat.

Misalnya, biaya transportasi kecil, pendapatan ekonomi masyarakat meningkat dan memperpendek jarak tempuh ke Kota Ambon.

"Dengan dibukanya jalan Seri-Hukurila maka akan terjadi pergerakan ekonomi di wilayah itu, guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar,"katanya.(TM02)
Jalan Seri-Hukurila Dibangun Dengan Dua Sumber Dana Reviewed by Ibek Melsasail on Kamis, Desember 07, 2017 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.