Jembatan Waeruhu Segera Direnovasi

 Jembatan Waeruhu, desa Galala, Kota Ambon segera direnovasi dengan dana APBN 2017 senilai Rp10,14 miliar oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IX (Maluku dan Maluku Utara) selama 172 hari kerja.
Ambon, Tribun-Maluku.com : Jembatan Waeruhu, desa Galala, Kota Ambon segera direnovasi dengan dana APBN 2017 senilai Rp10,14 miliar oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IX (Maluku dan Maluku Utara) selama 172 hari kerja.

Kadis PU Maluku, Ismael Usemahu, dikonfirmasi, Rabu (25/10), mengatakan, jembatan Waeruhu direnovasi karena sejumlah rangkanya telah berkarat.

"Jadi rangka berkarat itu diganti baru. Jembatan ini dibangun puluhan tahun lalu," ujarnya.

Karena itu, sebelum jembatan Waeruhu direnovasi, maka jembatan lama yang rangkanya juga berkarat dibenahi terlebih dahulu, dan kendaraan yang melintasinya dibatasi.

Kendaraan roda enam maupun dengan beban berat lebih dari empat ton dilarang melintasi jembatan darurat itu.

Kendaraan roda enam maupun kontainer diarahkan melalui Jembatan Merah Putih (JMP) yang melintasi Teluk Dalam Ambon.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan baik Maluku maupun Kota Ambon, Ditlantas Polda Maluku maupun kontraktor pelaksana karena aktivitas lalu lintas pasti terganggu kelancarannya," kata Ismael.

Sebelumnya, salah satu pejabat dari Satker Proyek Rehabilitasi Jembatan Waeruhu dari BPJN IX, Rahmawati Masewa mengatakan, berdasarkan hasil rapat dengan pihak polisi lalulintas, Dishub, dan kontraktor pelaksana , maka renovasi segera direalisasikan.

Kontrakornya sedang berada di Jakarta untuk mengecek sejumlah bahan yang akan dimanfaatkan untuk merenovasi jembatan Waeruhu.

"Kontraktor sedang berada di Jakarta untuk mengecek elemen baja yang digunakan untuk jembatan. Jadi tidak ada lagi kendala untuk renovasi jembatan Waeruhu," ujarnya.

Dia membenarkan, jembatan darurat memang tidak bisa dilalui kendaraan roda enam atau lebih dan kendaraan yang bermuatan diatas empat ton.

"Kendaraan roda enam yang diperbolehkan lewat hanyalah pemadam kebakaran, bila suatu waktu ada terjadi keadaan darurat yang memerlukan kendaraan harus melintasi jembatan darurat," tandas Rahmawati.
Jembatan Waeruhu Segera Direnovasi Reviewed by Tribun Maluku on 10/25/2017 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.