Tim Job Matching Gelar Pekan Perekrutan Tenaga Kerja SMK

AMBON Tribun-Maluku.com- Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) provinsi Maluku Dra. Mimi Hudjajani, M.Si atas nama Kepala Dinas, membuka dengan resmi Pekan Perekrutan Tenaga Kerja SMK Se- Maluku bertempat di Hotel Tirta Kencana Ambon, Jumat (27/10/2017).

Pekan Perekrutan Tenaga Kerja SMK Se- Maluku ini merupakan kegiatan dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang dilaksanakan oleh Tim Job Matching SMK Maluku tahun 2017.

Hadir dalam kegiatan dimaksud Analis Kerjasama Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud RI Amalia Susiami, M.Pd, Sekdis Dikbud Maluku Dra. Mimi Hudjajani, M.Si, Yang mewakili Kepala Dinas Nakertrans Maluku, Pimpinan Dunia Usaha/Industri di Ambon Maluku, Kepala SMK Se- Maluku dan undangan lainnya.

Dalam acara itu dilakukan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara Kepala SMK Negeri 4 Ambon Drs. Kris Oktolseja sebagai pihak Pertama dengan Pimpinan Dunia Usaha/Industri sebagai pihak Kedua, disaksikan oleh Sekdis Dikbud Maluku Dra. Mimi Hudjajani, M.Si.

Dalam sambutannya Sekdis Dikbud Maluku mengatakan, pendidikan kejuruan merupakan jenjang kejuruan yang selalu dinamis dalam melakukan perubahan kurikulum pendidikan sesuai dengan pertumbuhan pasar kerja, dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Adanya perubahan teknologi yang cepat pada masa mendatang maka orientasi pendidikan kejuruan diarahkan menjadi pendidikan bekerja atau work education dalam mengisi kebutuhan masyarakat dan pasar kerja.

Menurutnya, Maluku masih kekurangan tenaga kerja yang berketrampilan tinggi atau profesional. Masalah kurangnya kemampuan SDM di Maluku disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dengan kebutuhan dunia kerja.

SMK Negeri 4 Ambon ditunjuk sebagai salah satu SMK penyelenggara Job Matching tahun 2017. Melalui kegiatan ini maka SMK tidak hanya meluluskan siswa-siswi, namun memperhatikan kebutuhan pasar kerja/peluang kerja yang menjadi kebutuhan para lulusan.

Dikatakan, Dinas Dikbud Maluku memberikan apresiasi bagi dunia usaha/industri yang telah membuka lowongan kerja bagi perekrutan tamatan SMK, yang berdampak pada penurunan angka pengangguran serta peningkatan pendapatan masyarakat di daerah ini.

Ketua Tim Job Matching Melky Payara, S.Pd melaporkan, Job Matching atau tim pemasaran tamatan sebagai media dalam menyalurkan tamatan SMK yang belum bekerja atau pengangguran.

Tujuannya adalah:  Mempertemukan tamatan SMK dengan dunia usaha/industri yang memerlukan tenaga kerja tingkat menengah; Memberi peluang saling berinteraksi antara tamatan SMK untuk menawarkan kompetensi yang dimiliki kepada dunia usaha/industri yang memerlukan tenaga kerja; meningkatkan hubungan kerjasama SMK dengan dunia usaha/industri; Meningkatkan wawasan tamatan SMK tentang peluang kerja di dunia usaha/industri; memotivasi siswa dan calon siswa melalui penyampaian cucces story dari alumni SMK.

Sebanyak 50 SMK di Maluku yang telah terekrut masing-masing : Kota Ambon jumlah SMK 19 jumlah pengangguran 1885 orang, Kabupaten Maluku Tengah 11 SMK pengangguran 429, Buru 4 SMK pengangguran 114, Seram Bagian Barat (SBB) 11 SMK pengangguran 281, Maluku Tenggara dan Kota Tual 10 SMK pengangguran 269 dan Maluku Tenggara Barat (MTB) 4 SMK pengangguran 264 orang.

Proses perekrutan berlangsung dari tanggal 27 Oktober sampai dengan 27 November 2017.(TM)
Tim Job Matching Gelar Pekan Perekrutan Tenaga Kerja SMK Reviewed by Ibek Melsasail on 10/27/2017 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.