Agen Isyaratkan Harga Bawang Bergerak Naik

Agen pemasok dari Surabaya, Jawa Timur, mengisyaratkan harga bawang putih yang ditawarkan pedagang di Kota Ambon dalam waktu dekat terjadi perubahan menyusul naiknya harga di Surabaya sebagai sentra produksi sekaligus daerah pemasok.
Ambon, Tribun-Maluku.com : Agen pemasok dari Surabaya, Jawa Timur, mengisyaratkan harga bawang putih yang ditawarkan pedagang di Kota Ambon dalam waktu dekat terjadi perubahan menyusul naiknya harga di Surabaya sebagai sentra produksi sekaligus daerah pemasok.

"Memang harga bawang putih saat ini di pasar tradisional Kota Ambon seperti Pasar Mardika, Batu merah maupun sejumlah pasar swalayan sudah mulai bergerak naik dari Rp26.000 menjadi Rp30.000/kg," kata Inang agen pemasok yang selama ini membuka usahanya di pertokoan pasar Mardika, Kamis (22/2).

Ia menjelaskan, harga bawang putih yang ditawarkan kepada para pedagang di Kota Ambon sekarang ini dalam bentuk yang masih kotor sebesar Rp28.000/kg, dengan harapan pedagang eceran setelah melakukan pembersian menjualnya kepada masyarakat dengan harga Rp30.000/kg, sedangkan bawang merah harga kotor Rp22.000, dan dijual lagi dengan harga Rp26.000/kg.

"Ada sinyal yang kami dapat dari Surabaya, paling lambat minggu depan akan terjadi lagi perubahan harga bawang khusus untuk bawang putih," ujarnya.

Ini informasi yang kami dapat, lanjutnya, dan bisa saja akan terjadi perubahan, dan itu bisa dibuktikan sekarang ini sudah terjadi perubahan harga dari Rp26.000 menjadi Rp30.000/kg.

Hasil pemantauan Antara di Pasar Mardika dan Batu merah, Kamis, para pedagang eceran di pasar menawarkan harga bawang putih bervariasi mulai dari Rp30.000 hingga Rp32.000/kg, ada juga bawang putih yang sudah dibersihkan dan siap dimasak dipatok harga Rp35.000/kg, eceran Rp5.000/tumpuk kecil.

Sedangkan untuk bawang merah masih tetap normal yakni Rp26.000/kg, sedangkan yang sudah siap untuk dimasak Rp30.000/kg, dan eceran Rp5.000/tumpuk.

Abdu, seorang pedagang bawang mengatakan, terjadi perubahan harga bawang putih belakangan ini bukan saja karena terjadi kenaikan di tingkat distributor, tetapi perbedaan buah bawang juga yang ikut membedakan harga.

"Ada bawang yang buahnya kecil-kecil, dan ada juga bawang yang buahnya besar, hal ini juga terjadi pada bawang merah," ujarnya.
Agen Isyaratkan Harga Bawang Bergerak Naik Reviewed by Tribun Maluku on 2/22/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.