Dinas PUPR Maluku Gelar Rapat Forum SKPD

AMBON Tribun-Maluku.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku menggelar Rapat Forum SKPD tahun 2018, bertempat di Islamic Center Waihaong Ambon, Kamis (8/2/2018).

Staf ahli Gubernur Maluku bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Drs. Halim Daties, M.Si atas nama Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff membuka dengan resmi rapat forum tersebut, yang ditandai dengan pemukulan Tifa.

Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Halim Daties mengatakan, ketersediaan infrastruktur yang memadai, mudah dijangkau, serta merata sangat diidamkan oleh masyarakat. Maka menjadi suatu keharusan dan wajib untuk diwujudkan dalam proses pembangunan daerah ini.

Untuk itu Dinas PUPR Maluku dalam mendukung proses pembangunan Maluku, perlu mengejawantahkan spirit pembangunan daerah yang diusung dalam misi Gubernur Maluku-WakilGubernur Maluku yaitu "Mewujudkan Pembangunan Provinsi Maluku yang adil dan Demokratis berbasis kepulauan secara berkelanjutan”.

Menurutnya, beberapa Mega Proyek Infrastruktur yang segera dibangun di Provinsi Maluku seperti Pembangunan RSU Pusat Indonesia Timur di Kota Ambon, Bendungan Way Apu di Kabupaten Buru, dan Pembangunan Institut Teknologi Ambon dan akan menyusul program lainnya.

"Semua ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan rakyat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku,"katanya.

Untuk itu, aparatur pada Dinas PUPR baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota perlu untuk meningkatkan intensitas, kualitas, dan profesionalitas pekerjaannya guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di daerah.

"Kita masih memiliki beberapa pekerjaan rumah yang penting untuk segera diselesaikan. Utamanya yaitu pembangunan infrastruktur yang menjadi target indikator kinerja utama (IKU) yang telah diatur oleh Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang Pekerjaan Umumdan Penataan Ruang dalam Permen PU No. 01/PRT/M/2014.

Kinerja Jalan Provinsi (46,17 persen) dan Jalan Kabupaten/Kota (48,58 persen) yang kemantapannya masih rendah, ini berbanding jauh dengan kemantapan Jalan Nasional yang cukup tinggi (84,87 persen).

Selain itu, terdapat juga target Sustainable Development Goal’s (SDG’s) yang menetapkan target 100-0-100. Maksudnya adalah suatu upaya menciptakan kondisi 100 persen penyedian air bersih, 0 persen untuk pengentasan kawasan kumuh, serta 100 persen penyediaan sarana-prasarana sanitasi bagi masyarakat di seluruh wilayah Maluku.

Hal tersebut menjadi tantangan yang sulit, namun merupakan tugas kita bersama untuk dapat mewujudkannya demi menciptakan kondisi masyarakat yang lebih baik.

Tujuan dari Rapat Kerja Forum SKPD PUPR adalah; Untuk mengetahui kebutuhan dan ketersediaan Infastruktur ke-PU-an di Maluku, Membangun sinergitas, konsolidasi, dan sikronisasi perencanaan pembangunan, guna menciptakan intergrasi dan keterpaduan pembangunan di seluruh Kabupaten/Kota di Maluku dan Merumuskan rancangan program tahunan yang lebih matang dan sesuai dengan skala prioritas pembangunan, serta sesuai kebutuhan dan kehendak dari masyarakat.(TM)
Dinas PUPR Maluku Gelar Rapat Forum SKPD Reviewed by Ibek Melsasail on 2/08/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.