Kanwil Kemenkumham Maluku Gelar Coffee Morning Dengan Pers

AMBON Tribun-Maluku.com- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Maluku menggelar Coffee Morning dengan insan Pers baik media cetak, elektronik maupun online di Kantor Kemenkumham Maluku, Senin kemarin (26/2/2018).

Hadir dalam acara itu, Kepala Kantor Kemenkumham Provinsi Maluku Priyadi, Pejabat Struktural lingkup Kantor Kemenkumham Maluku dan sejumlah wartawan serta perwakilan organisasi Pers baik PWI maupun AJI di Maluku.

Kepala Devisi Administrasi Kantor Kemenkumham Maluku Hari Sukamto mengatakan, pihaknya merasa perlu untuk melaksanakan kegiatan ini sebagai upaya membangun sinergitas dan kemitraan dengan insan Pers, dalam mengawal berbagai kebijakan dan program kerja Kemenkumham Maluku untuk disampaikan kepada publik melalui pemberitaan.

Perwakilan dari media Insany Syahbarwaty, yang juga Pimpinan INews TV Ambon mengatakan, sinergitas hubungan kemitraan Media dengan kantor Kemenkumham Maluku selama ini sudah berjalan, namun belum maksimal.

Untuk itu, ke depan hubungan kemitraan antara Media dan Kemenkumham Maluku lebih ditingkatkan lagi terutama dalam mengawal serta mengontrol kebijakan dan program kerja Kantor Kemenkumham Maluku kepada publik.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenkumham Maluku Priyadi dalam sambutannya mengatakan, Kantor Kemenkumham Maluku selama ini diakui belum maksimal dalam melaksanakan seluruh program dan kegiatan yang direncanakan. Namun, upaya untuk meningkatkan pelayanan serta kinerja seluruh aparatur Kemenkumham Maluku tetap menjadi prioritas utama ke depan.

Menurutnya, beberapa sistem pelayanan di kantor Kemenkumham Maluku yang semakin dipermudah bagi masyarakat dengan program e-gov, dimana beberapa pengurusan sudah menganut sistim online sehingga lebih mudah dan transparan kepada masyarakat, salah satunya di Kantor Imigrasi Kota Ambon.

Selain itu, upaya peningkatan keterampilan bagi warga binaan di Lapas juga terus dipacu melalui pengembangan Lapas Industri. Melalui pola ini pembinaan karakter dan pola pikir serta keterampilan warga binaan secara intens dibina dan dikembangkan, agar memberikan bekal bagi warga binaan itu sendiri.

Dikatakan, masalah ketersediaan sarana prasarana juga masih menjadi kendala diantaranya, usaha membangun kantor perwakilan di wilayah perbatasan seperti di Kabupaten Maluku Barat Daya dan Maluku Tenggara Barat, mengingat secara geografis wilayah Maluku ini berada pada wilayah perbatasan dengan dua Negara yakni Timor Leste dan Australia.

Kantor Kemenkumham Maluku telah menerima hibah lahan untuk pembangunan sarana prasarana dari Bupati MBD dan Gubernur Maluku, sehingga  kedepan pihaknya akan membangun kantor perwakilan di wilayah perbatasan.

"Banyak kendala serta program kerja yang harus dibenahi dan dikerjakan oleh Kantor Kemenkumham Maluku ke depan. Sehingga peran dan dukungan insan Pers dalam ikut bekerjasama mengawal program dan kebijakan Kanwil Kemenkumham Maluku sangat perlu dilakukan dan ditingkatkan, agar masyarakat dapat memahami dan mengerti program serta kinerja Kemenkumham Maluku,"pintanya.

Ada sejumlah prestasi yang berhasil diraih oleh Kanwil Kemenkumham Maluku seperti, pernghargaan atas capaian Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2017. Untuk itu, tahun 2018 ini Kanwil Kemenkumham menerapkan sistem pelayanan publik berbasis HAM.

Selain itu, pola binaan warga Lapas Kemenkumham Maluku sudah banyak memberikan hasil yang positif, seperti minyak Kayu Putih produk Lapas Namlea yang sudah banyak dipasarkan di sejumlah Bandara di Indonesia.(TM05)
Kanwil Kemenkumham Maluku Gelar Coffee Morning Dengan Pers Reviewed by Ibek Melsasail on 2/27/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.