KPU-Panwaslu Kota Tual "Sepakat", Terkendala di 3 Kecamatan

KPU dan Panwas Kota Tual mengakui terkendala di tiga kecamatan yakni Pulau-pulau Kur, Tayando Tam dan Pulau-pulau Kur Selatan.
Tual, Tribun-Maluku.com : KPU dan Panwaslu Kota Tual mengakui terkendala di tiga kecamatan yakni Pulau-pulau Kur, Tayando Tam dan Pulau-pulau Kur Selatan.

Kendala ini disampaikan KPU dan Panwaslu Kota Tual saat pertemuan dengan Komisi A DPRD Provinsi Maluku dalam rangka Pengawasan Pemilihan Umum Gubernur- Wagub Maluku dan Bupati -Wakil Bupati Malra serta Walikota dan Wakil Walikota Tual di Aula Kantor Walikota Tual, Selasa(27/2)

Koordinator Devisi Data Komisi Pemilihan (KPU) Kota Tual,Wawan Kurniyawan menyatakan Komisioner KPU Kota Tual sudah komitmen untuk menjalankan pemilihan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami sudah komitmen bahwa siap kembalikan citra KPU kota Tual,dan selalu kedepankan aturan dalam pelaksanaan pemilihan ini," ungkapnya.

Kurniyawan juga jelaskan, salah satu kendala yang dihadapi KPU yaitu masalah transportasi menuju 3 Kecamatan yakni pulau- pulau Kur-Tayando Tam dan Pulau-pulau Kur Selatan.

"Perlu kami sampaikan KPU Kota Tual hanya terkendala transportasi untuk ke tiga kecamatan yang di pulau-pulau," jelasnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini masih melakukan pencocokan dan penelitian data pemilu untuk dipakai pada Pilkada 2018, yang akan diplenokan pada tanggal 8-9 Maret.

Ketua Panwaslu Kota Tual M.Taher Jamco menjelaskan proses pengawasan yang dilakukan sudah berjalan selama 6 bulan, tentu pengawasan yang dilakukan berdasarkan tahapan yang berjalan.

Panwas Kota Tual telah melakukan pemanggilan terhadap ASN yang terindikasi terlibat dalam mendukung paslon tertentu dan sampai saat ini masih didalami keterlibatannya ASN tersebut.

Panwas, lanjut jamco, telah melakukan teguran melalui medsos, spanduk dan juga melalui partisipasi masyarakat dalam menghadapi ujara kebencian.

"Kami sangat mengharapkan suatu proses sinergitas untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi," terangnya.

Saat ini Paswaslu Kota Tual telah membentuk suatu Badan yaitu Sentra Gakumdu (Penegakan hukum terpadu) yang terdiri dari Kejaksaan, Kepolisian dan Panwas.

Dia mengakui kendala yang dihadapi Panwaslu yaitu letak Geografis yang cukup jauh sehingga memerlukan pembiayaan yang tinggi, yang dikuatirkan dalam proses nanti yaitu cuaca yang tidak menentu di 3 Kecamatan yang berada pulau-pulau.

"Jika nanti ada sengketa pilkada, maka akan sulit untuk mengakses ke Kota karena cuaca yang ekstrim, sedangkan Gakumda sendiri hanya berada di Kota Tual sedangkan di tingkat Kecamatan tidak ada," ungkapnya.

Ketua Komisi A DPR Propinsi Maluku, Melkyas Frans berharap KPU dan Panwaslu Kota Tual agar menjalankan tugas sesuai aturan yang berlaku.

"Kami berharap KPU dan Panwaslu untuk menjalankan tugas sesuai aturan dan data yang dimiliki harus sama, jangan pilih kasih kepada paslon tertentu," katanya.
KPU-Panwaslu Kota Tual "Sepakat", Terkendala di 3 Kecamatan Reviewed by Tribun Maluku on 2/28/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.