Pilkada 2018, Situasi Tual-Malra Masih Kondusif

Kapolres Maluku Tenggara (Malra) AKBP Indra Fadhillah Siregar menyatakan, menghadapi Pemilihan serentak Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur-Wagub, Walikota - Wakil Walikota Tual serta Bupati da Wakil Bupati hingga saat ini masih kondusif.
Tual, Tribun-Maluku.com : Kapolres Maluku Tenggara (Malra) AKBP Indra Fadhillah Siregar menyatakan, menghadapi Pemilihan serentak Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur-Wagub, Walikota - Wakil Walikota Tual serta Bupati da Wakil Bupati hingga saat ini masih kondusif.

"Untuk kondisi situasi di wilayah Kota Tual sampai dengan saat ini masih dalam keadaan aman dan kondusif," kata Kapolres saat pertemuan dengan komisi A DPR Propinsi Maluku di Aula Kantor Walikota Tual, Selasa (27/2).

Data dari TNI/Polri dan Bawaslu, lanjut Kapolres, Kota Tual masuk sebagai indeks kerawanan Pilkada nomor satu di Indonesia.

Kota Tual sebagai Indeks kerawanan konflik pilkada nomor satu di Indonesia, terjadi karena ada kejadian yang pernah terjadi pada Pilkada pada tahun-tahun sebelumnya, dan kejadian sosial yang sering terjadi.

"Status rawan konflik, menjadi perhatian Nasional sehingga kami berusaha bersama dengan stekholder utk membalikan penilaian tersebut," ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut, Wilayah hukum Polres Maluku Tenggara membawahi dua wilayah yakni, Kabupaten Malra dan Kota Tual yang saat ini melaksana pemilihan serentak.

"Hanya satu-satunya Polres di Indonesia yang menangani tiga pesta demokrasi, sekaligus hanya ada di Polres Maluku Tenggara yang membawahi dua wilayah hukum,"jelasnya.

Dia  memastikan TNI dan Polri sudah berkomitmen untuk selalu menjaga netralitas, apabila ada anggota kepolisian yang terindikasi terlibat dalam politik praktis, pasti  diproses sesuai UU yang berlaku.

"TNI dan Polri sudah berkomitmen apa ada anggota yang terlibat dalam politik maka kami akan proses sesuai UU yang berlaku," terangnya.
Pilkada 2018, Situasi Tual-Malra Masih Kondusif Reviewed by Tribun Maluku on 2/27/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.