Bupati SBB Akan Sampaikan Ranperda Desa

Maaruf Tomia
PIRU Tribun-Maluku.com- Wakil Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maaruf Tomia, memberikan apresiasi kepada Bupati Seram Bagian Barat Drs. M. Yasin Payapo, atas responsnya terhadap kebutuhan masyarakat setempat.

Apresiasi  Maaruf Tomia tersebut karena,  dalam waktu dekat Bupati Payapo akan menyampaikan Ranperda Desa kepada DPRD setempat,"kata Tomia di Piru, Rabu (7/3/2018).

Menurut Tomia, dirinya termasuk Badan Legislasi dengan Sekda Kabupaten SBB, Kabag Pemerintahan, Kabag Hukum dan Kepala Badan Pemberdayaan Desa, untuk membahas tiga Ranperda Inisiatif DPRD yakni; Perda Negeri, Perda Saniri Negeri dan Perda Penetapan Negeri.

Di dalam pembahasan itu Badan Legislasi menyampaikan isu-isu umum, sehingga Pemerintah Daerah bisa mengerti, memahami dan mencermati isi dari Ranperda berdasarkan isu-isu umum yang nantinya menjadi pasal-pasal inti.

Dalam pasal-pasal itu, Sekda SBB Mansur Tuharea sudah menyampaikan masukan dari DPRD setempat terkait dengan Ranperda Desa, sehingga dalam waktu dekat akan ada penyampaian nota Ranperda tentang Desa.

Dirinya berharap, Kabag Hukum, Kabag Pemerintahan dan Kepala Pemberdayaan Desa untuk segera menyiapkan tiga buah Ranperda tersebut.

"Dari sisi mekanisme, itu harus disampaikan lewat nota penyampaian Ranperda Desa, agar kami legislatif dan eksekutif akan membahasnya secara bersama sehingga pada saat diputuskan tiga Ranperda Inisiatif DPRD, sekaligus dengan Ranperda Desa,"ucapnya.

Dikatakan, implikasi dari Ranperda yang akan diputuskan nanti adalah masyarakat dapat melakukan pemilihan kepala desa maupun pemilihan raja, karena Ranperdanya sudah diputuskan secara bersamaan.

"Jadi prinsipnya adalah Pemda SBB tidak boleh lambat dalam berpikir,"pintanya.(TM)
Bupati SBB Akan Sampaikan Ranperda Desa Reviewed by Ibek Melsasail on 3/07/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.