Cegah Nilai UNBK Rendah, SMKN 4 Buat Persiapan

Drs. Christian Uktolseja, M.Pd 
AMBON Tribun-Maluku.com- Untuk mencegah tidak terjadi lagi peroleh nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang rendah, maka pihak sekolah telah melakukan pertemuan dengan orang tua siswa, agar orang tua selalu mendorong siswanya mempersiapkan diri untuk belajar dengan baik.

Disamping pihak sekolah juga melakukan pemantapan kepada siswa dalam bentuk pelatihan soal-soal Ujian Nasional, dengan mengacu pada kisi-kisi soal sesuai dengan standar SKL.

Sehingga nilai UNBK tahun 2018 ini untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa meningkat, karena telah dilakukan pelatihan pengembangan bagi guru Mapel Bahasa Indonesia, termasuk pelatihan K-13 dan KTSP yang hasilnya memberikan perubahan bagi guru.

Nilai UNBK tahun 2017 lalu yang terendah ada pada mata pelajaran Bahasa Indonesia,"kata Kepala SMK Negeri 4 Ambon Drs. Christian Uktolseja, M.Pd di Ambon, Rabu (28/3/2018).

Jika hasil UNBK siswa SMKN 4 tahun 2018 ini ada yang masih rendah maka mereka akan bersama-sama dengan lulusan tahun lalu mengikuti ujian perbaikan pada bulan Juli 2018.

Menurutnya, persyaratan untuk mengikuti ujian perbaikan nilai adalah harus mendaftar, sehingga para siswa yang merasa nilai UNBK masih rendah/tidak tuntas, harus mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian perbaikan bulan Juli 2018 nanti.

Kaena ada instansi atau perguruan tinggi tertentu yang menerima nilai hasil UNBK sesuai standar. Untuk itu Uktolseja minta alumni SMKN 4 yang merasa nilainya belum tuntas, wajib untuk mendaftarkan diri guna mengikuti ujianl perbaikan.

Dikatakan, empat Mapel yang akan diujiankan pada UNBK adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Teori Kejuruan. Jumlah siswa peserta UNBK sebanyak 220 siswa yang di bagi dalam dua ruang dengan tiga shift.

Kesiapan sarana dan prasarana komputer masih kurang sehingga pihak sekolah harus meminjam dari sekolah lain termasuk leptop milik siswa dan guru.

Harapanya, 220 siswa peserta UNBK bisa lulus sesuai standar nilai secara nasional, dengan nilai integritas yang dapat dipertanggungjawabkan.(TM02)
Cegah Nilai UNBK Rendah, SMKN 4 Buat Persiapan Reviewed by Ibek Melsasail on 3/28/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.