Harga Cabai Dan Bawang Kembali Bergerak Naik

Harga cabai dan bawang yang ditawarkan para pedagang pada sejumlah pasar tradisional di Kota Ambon menjelang perayaan Paskah kembali bergerak naik.
Ambon, Tribun-Maluku.com : Harga cabai dan bawang yang ditawarkan para pedagang pada sejumlah pasar tradisional di Kota Ambon menjelang perayaan Paskah kembali bergerak naik.

Pada Pasar Mardika dan Batu Merah, Kamis (29/3), terlihat para pedagang menawarkan harga cabai rawit hingga mencapai Rp40.000/kg atau naik dari sebelumnya Rp35.000/kg, cabai merah biasa Rp35.000, eceran Rp5.000/cupa, dan cabai keriting panjang Rp25.000/kg.

Sedangkan harga bawang merah juga naik dari Rp32.000 menjadi Rp35.000/kg, bawang putih naik cukup tajam dari Rp30.000 menjadi Rp35.000/kg.

Dodi, pedagang cabai di Pasar Mardika mengatakan, harga cabai sedikit mengalami kenaikan di tingkat pedagang eceran sebab harga di tingkat petani juga bergerak naik, terutama petani asal Pulau Buru.

"Jadi supaya tidak merugi kami harus mematok harga jual yang tetap bisa menguntungkan, sebab harga dari petani juga tidak merata, ada saja petani yang menjual dengan harga mahal dan ada yang murah, karena itu di Pasar Kota Ambon harga cabai selalu bervariasi," ujarnya lagi.

Berbeda dengan cabai keriting panjang, semuanya didatangkan dari Surabaya, meskipun ada juga produksi lokal tetapi tidak terlalu banyak.

Sedangkan untuk bawang putih maupun bawang merah diperkirakan harganya akan bergerak turun, hanya saja stok di Ambon ini cukup banyak.

Karena itu, kalau minggu depan harga bawang turun, diprediksi belum bisa mempengaruhi harga di Pasar Ambon sebab stok yang ada masih dijual dengan harga mahal.

Ramli, pedagang bawang di Pasar Batu Merah mengatakan, harga bawang merah yang dibeli dari agen dalam kondisi masih kotor Rp28.000/kg, dan setelah dibersihkan dijual dengan harga Rp35.000/kg. Sedangkan bawang putih harga kotor Rp30.000, dan setelah dibersihkan dijual dengan harga Rp35.000/kg.

"Nanti kita lihat apa benar terjadi perubahan harga turun untuk bawang seperti yang diinformasikan kepada teman-teman pedagang bahwa minggu depan harga bawang akan turun lagi," ujarnya pula.
Harga Cabai Dan Bawang Kembali Bergerak Naik Reviewed by Tribun Maluku on 3/29/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.