Harry Tanudjaja Apresiasi Kinerja BPN Dan Polres Ambon

Pengukuran Tanah
AMBON Tribun-Maluku.com- Harry Tanudjaja memberikan apresiasi serta penghargaan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Ambon dan Polres Pulau Ambon dan PP. Lease, yang telah memfasilitasi untuk dilakukan pengukuran dan pemisahan tanah miliknya di Kebun Cengkeh Kota Ambon.

Tanah seluas 11.150 M2 terletak di Kebun Cengkeh kecamatan Sirimau Kota Ambon milik Herny Sayogo Direktur PT. Herfansa Sejahtera, kini sudah tidak beroperasi lagi. Herny Sayogo melakukan kredit pada Incanto Capital Limited yang berkedudukan di Negera Belanda.

Karena tidak mampu membayar kredit, maka tanah milik Herny Sayogo disita oleh PT. Incanto Capital Limited tahun 1998 lalu dengan kuasa hukumnya DR. Drs. Harry Tanudjaja, SH. M.B.A. MH.

PT. Incanto Capital Limited memeberikan kuasa kepada DR. Drs. Harry Tanudjaja, SH. M.B.A. MH sejak tanggal 28 Oktober 2014, untuk mengurus semua aset milik PT. Incanto Capital Limited yang berada di Maluku.

Hingga kini tanah seluas 11.150 M2 sudah beralih ke tangan  DR. Drs. Harry Tanudjaja, SH. M.B.A. MH sebagai pemilik yang sah dengan bukti sertipikat hak milik Nomor 784 dengan akte jual beli tanggal 23 Maret 2017 dengan Notaris Grace M. Goenawan, SH. MH.

Demikian keterangan Harry Tanudjaja, melalui telepon selulernya dari Surabaya, pada Jumat (16/3/2018).

Menurutnya, tanah seluas kurang lebih 1 ha dengan kondisi yang rata kira-kira 217 M2 sisanya jurang, sekarang sudah ditempati oleh empat kepala keluarga masing-masing Said Paany, Abdul Wahab Lumaela, Reza M. Allong dan Umar Nurlette.

Sebagai pemilik tanah yang sah Harry Tanudjaja ingin untuk menjual tanah yang sudah ditempati oleh tiga KK masing-masing Said Paany, Abdul Wahab Lumaela, Reza M. Allong, sementara tanah yang ditempati oleh Umar Nurlette tidak dijual karena rencana digusur untuk jalan umum.

"Mereka (3 KK-red) sudah membayar DP (uang muka) kepada kami (Harry Tanudjaja-red), sehingga itu tidak dipermasalahan lagi. Sementara Umar Nurlette dan Nurdin Nurlette mengklaim sebagai pemilik, padahal tidak memiliki sertipikat sebagai alat bukti yang sah,"jelasnya.

Umar dan Nurdin Nurlette malahan sering melakukan pencegahan sampai mengancam petugas dari Pertanahan Kota Ambon saat melakukan pengukuran dan pemisahan tanah.

Dikatakan, walaupun dicegah oleh Umar dan Nurdin Nurlette namun pihak Pertanahan Kota Ambon berhasil melakukan pengukuran dengan pengawalan dari Polres P. Ambon dan PP. Lease tanggal 15 Maret 2018 kemarin.

"Kami mempunyai dua bidang tanah pertama; di Gunung Malintang seluas tujuh hektar kini sudah ditempati lebih dari 77 kepala keluarga, yang hingg kini belum ada itikad baik dari mereka untuk membayar, dan yang lainnya terletak di Kebun Cengkeh seluas 11.150 M2,"ucapnya.

Harry Tanudjaja juga berharap, agar masyarakat yang menempati dua bidang tanah tersebut untuk tidak melakukan pembayaran tanah kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.(TM02)
Harry Tanudjaja Apresiasi Kinerja BPN Dan Polres Ambon Reviewed by Ibek Melsasail on 3/16/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.