Pemkot Programkan Gerakan Ambon Gemar Membaca

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan memprogramkan Gerakan Ambon Gemar Membaca (GAGM) dalam rangka meningkatkan minat baca warga kota.
Ambon, Tribun-Maluku.com : Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan memprogramkan Gerakan Ambon Gemar Membaca (GAGM) dalam rangka meningkatkan minat baca warga kota.

"Gerakan Ambon Gemar Membaca ini diprakarsai Pemkot Ambon bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI,"  kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Ambon, Pieter Pattiasina, Senin (5/3).

Ia mengatakan, penerapan program tersebut sesuai rencana akan dilakukan pencanangan GAGM oleh Kepala Perpustakaan Nasional serta duta baca Indonesia Najwa Shihab pada 8 Maret 2018.

Program GAGM merupakan upaya meningkatkan minat baca masyarakat terutama para siswa, bukan hanya membaca buku pelajaran, tetapi berbagi buku yang dapat menambah ilmu pengetahuan.

"Pencanangan GAGM juga ditindaklanjuti dengan penerapan Peraturan Walikota Ambon (Perwali) tentang Ambon gemar membaca," katanya.

Pieter menjelaskan, selain penerapan Perwali Ambon akan dilakukan penandatanganan kesepakatan antara Pemkot Ambon dengan stakeholder untuk penyiapan pojok baca.

Penandatanganan kesepakatan akan dilakukan agar pelaku usaha seperti hotel,kafe, restoran, perkantoran untuk menyiapkan ruang publik yakni pojok baca bagi masyarakat yang datang.

"Setiap kantor atau pelaku usaha yang memiliki ruang publik minimal mempunyai pojok baca, karena itu akan dilakukan penandatanganan kesepakatan minimal untuk perwakilan," ujarnya.

Program GAGM lanjutnya, melibatkan perwakilan sekolah karena di setiap sekolah wajin ada ruang baca yakni perpustakaan.

Program tersebut dilaksanakan bukan karena minat baca masyarakat kota Ambon rendah, tetapi bagaimana membangkitkan minat baca masyarakat.

"Setiap orang tetap membaca tapi meningkatkan minat baca agar orang rajin membaca menjadi persoalan. Jika mempunyai kebutuhan pasti baca tetapi belum menjadi suatu kewajiban, karena itu pencanangan gemar membaca dilakukan di seluruh Indonesia dan ditindaklanjuti di kota Ambon," tandas Pieter.

Pemkot Programkan Gerakan Ambon Gemar Membaca Reviewed by Tribun Maluku on 3/05/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.