Pemprov Maluku Apresiasi Forum Dialog Bidang Kemaritiman

AMBON Tribun-Maluku.com- Pemerintah Provinsi Maluku memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Dirjen Informasi dan Komunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika yang telah mengelar Forum Dialog Bidang Kemaritiman, berlangsung di Swiss bell Hotel, Kamis (15/3/2018).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan Tema "Optimalisasi Pengelolaan Potensi Kepulauan", dihadiri oleh Staf Ahli bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Setda Maluku Rony Tairas mewakili Plt. Gubernur Maluku Dr. Zeth Sahuburua, Kasubdit Layanan Informasi Perwakilan Negara Asing dan Lembaga Internasional Hipo Layanan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Promal dr. Frona Koedoeboen.

Plt. Gubernur Maluku dalam sambutannya mengatakan, Indonesia memiliki potensi besar dalam mewujudkan gagasan strategis tersebut, dengan menjamin konektivitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut serta keamanan maritim.

Namun, dengan luas wilayah yang besar ada sejumlah pekerjaan besar yang perlu diselesaikan oleh Pemerintah. Salah satunya sektor kemaritiman, sehingga perlu ada kapasitas Pemerintah dalam mengelola kekayaan sumber daya alam.

"Pengelolaan yang baik akan membawa manfaat yang sangat besar untuk kesejahteraan masyarakat secara umum. Di samping itu, perlu juga memastikan jaminan keamanan laut Indonesia dari ancaman perubahan iklim dan aksi kriminal,"ucapnya.

Zahuburua berharap, peserta dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik, agar hasil dari kegiatan ini dapat diterapkan pada lingkup tugas dan pengabdian masing-masing.
Khususnya aparatur kualitas teknis terkait, sehingga dapat meningkatkan kualitas pengelolaan potensi sumber daya kelautan ke depan di provinsi Maluku.

Sementara itu, Dirjen Informasi dan Komunikasi Rosarita Niken Widiastuti yang diwakili Kasubdit Layanan Informasi Perwakilan Negara Asing dan Lembaga Internasional Hipo Layanan mengatakan, saat ini Pemerintah Indonesia tengah berupaya mengembalikan posisi Indonesia sebagai Negara Maritim dan bercita-cita menjadi poros maritim dunia.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Presiden RI Ir. Joko Widodo berkomitmen untuk menjaga dan mengelola sumber daya laut dan potensi kepulauan Indonesia, dengan memfokuskan pembangunan yang mendukung kedaulatan pangan melalui pengembangan industri perikanan.

Apalagi menurutnya, potensi laut Maluku yang terdiri dari ikan pelagis, demersal dan biota laut lainnya memiliki nilai ekonomis tinggi, serta wilayah Maluku terdapat 969 jenis kerang-kerangan yang perlu dikembangkan dalam mendukung pembangunan industri perikanan di daerah ini.

"Potensi kekayaan laut tersebut sangat penting sesuai program bapak Presiden yaitu membangun Indonesia dari Laut,"ujarnya.(TM)
Pemprov Maluku Apresiasi Forum Dialog Bidang Kemaritiman Reviewed by Ibek Melsasail on 3/16/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.