Pemprov Maluku Apresiasi Pelaksanaan Bimbingan Konsultasi Hukum Bidang Perumahan

 Drs. Halim Daties (tengah)
AMBON Tribun-Maluku.com- Pemerintah Provinsi Maluku menyambut baik pelaksanaan Bimbingan dan Konsultasi Hukum, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kegiatan yang berlangsung di Amaris Hotel, Selasa (27/3/2018) itu, melibatkan seluruh Dinas Perumahan Rakyat di wilayah Indonesia Timur yakni Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Turut hadir dalam acara itu Sekretaris Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Lukman Hakim dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat Maluku, Kasrul Selang, ST. MT.

Kegiatan tersebut di buka dengan resmi oleh staf ahli Gubernur Maluku bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Drs. Halim Daties, yang ditandai dengan pemukulan Tifa.

Plt. Gubernur Maluku Dr. Zeth Sahuburua dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Drs. Halim Daties mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan hukum di bidang Perumahan.

Sebagaimana diamanatkan dalam pasal 6 Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PP) Nomor 6 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan advokasi hukum di lingkungan kementerian PUPR.

Plt. Gubernur mengajak seluruh peserta yang hadir untuk duduk bersama, berdiskusi, bersinergi dan menjalin kebersamaan dalam menghasilkan tujuan memahami dan menambah wawasan tentang hukum bagi para pelaksana kebijakan sebagai upaya pencegahan penyimpangan dalam penyelenggaraan perumahan.

Peserta
"Saya menyambut dan memberikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR RI yang sudah melaksanakan kegiatan ini,”ujarnya.

Disadari, dalam rangka keterpaduan pendampingan dan penegakan hukum bidang perumahan ke depan, maka kegiatan ini merupakan wadah mengkolaborasi pemikiran-pemikiran dari semua staceholder serta bimbingan dan konsultasi hukum di bidang perumahan untuk dijadikan konsep terkait pelaksanaan hukum di bidang perumahan.

Plt. Gubernur menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementrian PUPR yang telah mengalokasikan APBN melalui program dan kegiatan pada SNVT penyediaan perumahan dan dekonsentrasi pembiayaan perumahan di provinsi Maluku.

"Semoga program dan kegiatan tersebut dapat ditingkatkan pada tahun anggaran ke depan,"harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR, Lukman Hakim dalam sambutannya mengatakan, bidang perumahan rakyat berkewajiban untuk melakukan upaya pelayanan dan pengaduan agar terciptannya tertib administrasi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, perumahan sebagai suatu bidang yang merupakan hak dasar dan kewenangan wajib daerah perlu diatur dalam berbagai peraturan, sehingga semuanya bisa berjalan seperti yang diharapkan.

Lukman Hakim 
Dimana setiap orang berhak mendapat jaminan perlindungan hukum yang adil dan perlakuan yang sama dihadapan  hukum itu sendiri.

"Banyak sekali kasus-kasus dan kita sering terperangkap dengan kejadian pemanfaatan lahan yang digunakan untuk perumahan dan kawasan pemukiman yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada,”tuturnya.

Untuk itu, melalui kegiatan ini seluruh peserta lebih mengerti dan memahami peraturan yang terkait dengan  masalah hukum di bidang perumahan baik itu perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan.(TM)
Pemprov Maluku Apresiasi Pelaksanaan Bimbingan Konsultasi Hukum Bidang Perumahan Reviewed by Ibek Melsasail on 3/28/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.