Sayuran Dan Buahan, Mampu Penuhi Kebutuhan Masyarakat

 Ir. Diana Padang, M.Si
AMBON Tribun-Maluku.com- Pada sub sektor Hortikultura, produksi dalam daerah khususnya sayuran dan buah-buahan datan rendah, sudah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kecuali sayuran dan buahan dataran tinggi masih didatangkan dari luar wilayah seperti pulau Sulawesi dan Jawa,"kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Ir. Diana Padang, M.Si di Ambon, Senin (5/3/2018).

Menurut Padang, selama ini inflasi di Maluku khususnya di Kota Ambon dan Tual sebagi indikator, salah satu pemicu terbesar inflasi adalah komponen sayuran.

Namun melalui beberapa upaya intervensi, maka kondisi ini dapat ditekan baik intervensi terhadap aspek budidaya maupun aspek rantai pasar.

Yang menjadi komoditas prioritas nasional juga dikembangkan di Maluku seperti Bawang merah, Cabai dan Jeruk. Produk Bawang merah dan Cabai meningkat sangat signifikan.

Pada tahun 2015, produksi Bawang merah sebanyak 452 ton meningkat menjadi 3.038 ton tahun 2016. Demikian halnya dengan Cabai, dari 2.849 ton menjadi 33.539 ton.
"Peningkatan produksi ini disebabkan oleh adanya dukungan dari dana APBN maupun APBD,"katanya.

Terlepas dari semua kinerja ini Ir. Diana Padang mengajak semua jajaran Pertanian baik di provinsi maupun kabupaten/kota se-Maluku untuk terus berkinerja dan jangan sia-siakan bantuan yang telah dberikan ke daerah.(TM02)
Sayuran Dan Buahan, Mampu Penuhi Kebutuhan Masyarakat Reviewed by Ibek Melsasail on 3/05/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.