Sebanyak 246 Siswa SMA Kristen YPKPM Ambon Akan Ikut UNBK

Dra. E. Laturiuw, M.Si
AMBON Tribun-Maluku.com- Sebanyak 246 siswa-siswi SMA Kristen YPKPM Ambon (Yayasan Persekolahan Kristen Protestan Maluku), akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2017/2018.

246 siswa ini di bagi dalam tiga sesi, setiap sesi ada 82 siswa yang sekali ujian dan diperkirakan akan di mulai jam 7.30 Wit dan berakhir sekitar pukul 14.00 Wit,"kata Kepala SMA Kristen YPKPM Ambon Dra. E. Laturiuw, M.Si di Ambon, Jumat (9/3/2018).

Menurut Laturiuw, pihaknya mengambil keputusan untuk mengikuti UNBK karena untuk menjaga integritas sekolah, dan sudah dua kali SMA Kristen YPKPM Ambon melaksanakan UNBK (2017 dan 2018).

Ada beberapa mata pelajaran (Mapel) yang nilai UNBKnya masih di bawah kategori (C). Untuk itu, langkah yang ditempuh adalah membuat program-program pendampingan/pemantapan kepada siswa dan semua guru, yang pelaksanaannya sejak bulan November 2017 lalu.

"Untuk Mapel Matematika hanya ditangani oleh satu guru negeri (PNS) dan dibantu enam guru honor. Mereka sudah diberdayakan melalui pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan pihak sekolah, dan UNBK tahun ini untuk Mapel Matematika ada essay, sehingga siswa peserta ujian selalu diberikan pelatihan,"ulasnya.

Dikatakan, siswa selalu dilatih dengan soal-soal Matematika sesuai kisi-kisi ujian nasional yang diterbitkan oleh Badan Standar Naisonal Pedidikan (BSNP).

Proses ini dilakukan dengan harapan, kategori C yang diperoleh siswa dalam UNBK tahun 2017 lalu bisa naik (diperbaiki) pada UNBK tahun 2018 ini.

Pengamatan Laturiuw, dari hasil pelatihan yang dilakukan bagi 246 siswa peserta UNBK melalui try out satu dan try out dua, untuk Mapel Matematika masih mencapai hasil standar.

Tanggal 12 sampai 14 Maret 2018 akan dilakukan simulasi ketiga (terakhir), untuk persiapan UNBK yang akan dilaksanakan tanggal 9 sampai 12 April 2018.

"Fasilitas komputer untuk pelaksanaan UNBK berjumlah 80 unit terdiri dari Dc 60 unit dan Leptop 20 unit dan persipannya tidak ada masalah. Tidak ada pungutan dana apapun dari siswa menjelang pelaksanaan UNBK nanti,"ucapnya.

Laturiuw berharap, para orang tua selalu mendorong anak-anaknya (siswa-Red) untuk meningkatkan kualifikasi kategori per mata pelajaran, sehingga hasil UNBK nanti bisa mencapai nilai B.(TM02)
Sebanyak 246 Siswa SMA Kristen YPKPM Ambon Akan Ikut UNBK Reviewed by Ibek Melsasail on 3/09/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.