Seni Dan Industri Kreatif SMKN 7 Dilirik Pempus

 Drs. Saiful, MM.Pd 
AMBON Tribun-Maluku.com- Induk organisasi dari SMK Negeri 7 Ambon masuk dalam kategori Seni dan Industri Kreatif. Yang menjadi unggulan dari sekolah ini adalah dilirik atau mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat, di mana Indonesia Timur menjadi pusat perhatian dalam memberikan bantuan-bantuan.

Ada lima program keahlian yang menjadi pusat perhatian, salah satunya adalah Seni dan Industri Kreatif dan itu hanya ada di SMK Negeri 7 Ambon,"kata Kepala SMKN 7 Ambon Drs. Saiful, MM.Pd di Ambon, Selasa (27/3/2018).

Menurutnnya, tindak lanjut yang dilakukan pihak sekolah adalah kegiatan-kegiatan di dalam pengembangan unit produksi sekolah yang menjadi pusat perhatian dalam pengembangan managemen mutu pada SMKN 7 Ambon.

Selain itu, teknik komputer jaringan dan multi media merupakan program pengembangan yang dilakukan oleh sekolah ini untuk mengikuti trend dan globalisasi.

Penjabaran dari Seni adalah seni musik, yang juga menjadi program inti dari Pemkot Ambon terkait dengan Kota Ambon sebagai kota Musik Dunia, dan SMK Negeri 7 medukung sepenuhnya program ini, termasuk beberapa universitas di kota Ambon.

Dikatakan, terkait dengan pengembangan Seni maka SMKN 7 lebih banyak memberikan penguatan penguasaan dari industri kerajinana yang ada di sekolah ini. Selain itu SMK Negeri 7 Ambon bisa membace up program Pemerintah di bidang pariwisata.

Sebagai contoh, SMKN 7 sebagai tempat pembuatan cendera mata untuk Pemprov Maluku dan ini sudah dikerjasamakan (MoU) dengan Pemprov Maluku.

"Motiv cendera mata yang dibuat mengarah pada muatan lokal seperti Cengkeh, Pala serta model-model ikan sesuai dengan pesanan, dan bisa dibuat per bulan 100-200 pises,"ucapnya.

Perhatian orang tua (user) terhadap sekolah ini pada tahun-tahun sebelumnya terjadi penurunan peminatan. Namun setelah pihaknya gencar melakukan sosialisasi, maka kini minat siswa/orang tua meningkat kembali dari tahun ke tahun.

SMK Negeri 7 merupakan sekolah yang menjadi perhatian Pemerintah, sehingga jika siswa tamat dari sekolah ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.(TM02)
Seni Dan Industri Kreatif SMKN 7 Dilirik Pempus Reviewed by Ibek Melsasail on 3/27/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.