PT. WLI Dinilai Lakukan PHK Sepihak

Ilustrasi
MASOHI Tribun-Maluku.com- PT. Wahana Lestari Investama (PT. WLI) yang bergerak di bidang pertambakan udang di desa Arara kecamatan Seram Utara kabupaten Maluku Tengah, dinilai melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak terhadap sejumlah karyawan.

PHK itu dinilai bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,"kata salah satu karyawan yang tidak ingin namanya dimediakan, melalui telepon selulernya kepada di Masohi, Selasa (6/3).

Menurut sumber, PHK dilakukan oleh PT. WLI melalui Kepala Personalia Pury Purnama, kepada hampir 70 tenaga kerja dalam dua periode yaitu, pada bulan Januari 2018 sebanyak 46 karyawan dan pada bulan Februari sebanyak 18 karyawan.

PHK yang dilakukan tanpa melalui prosedur yang jelas, menyebabkan para karyawan yang di PHK menjadi kaget dan bertanya-tanya, ada apa dan kenapa mereka akan di PHK kan.

"Kami karyawan merasa kaget karena PHK yang dilakukan oleh perusahaan tanpa ada alasan yang jelas, padahal kami sudah bekerja pada perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan budidaya udang ini sudah cukup lama yaitu antara 2,5 sampai 3 tahun,"ucap sumber.

PT. WLI tidak komitmen dengan cita-cita Pemerintah Daerah yaitu mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui terbukanya lapangan kerja melainkan perusahaan malah menambah daftar hitam peningkatan pengangguran di daerah ini.

Selain itu PHK kepada hampir 70 karyawan sangat bertentangan dengan UU Nomor 13 Tahun 2003 dimana karyawan tidak di bayar uang pesangon atau uang penghargaan apapun sesuai masa kerja mereka.

"Untuk itu kami karyawan pada PT. WLI yang di PHK sangat mengharapkan perhatian dan bantuan dari pihak DPRD Maluku Tengah yang membidangi masalah Ketenagakerjaan, Pemkab Maluku Tengah maupun Pemprov Maluku untuk mencari solusi terhadap masalah ini,"harap sumber.(TM08)
PT. WLI Dinilai Lakukan PHK Sepihak Reviewed by Ibek Melsasail on 3/06/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.