Tim Gabungan Dinkes Atasi DBD Di Banda

Tim gabungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah telah mengatasi penyakit demam berdarah (DBD) yang mengakibatkan dua warga Pulau Hatta, meninggal dunia.
Ambon, Tribun-Maluku.com : Tim gabungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah telah mengatasi penyakit demam berdarah (DBD) yang mengakibatkan dua warga Pulau Hatta, meninggal dunia.

Kabag Humas Pemprov Maluku Bobby Palapia di Ambon, Selasa , mengatakan tim gabungan Dinkes sebenarnya telah berada di lokasi penularan penyakit tersebut sejak sebulan lalu.

"Kasusnya memang tiga bulan lalu dan setelah dilaporkan warga Pulau Hatta, maka ditindaklanjuti dengan menerjunkan tim gabungan Dinkes," ujarnya.

Tim gabungan Dinkes setelah berada di lokasi penularan penyakit DBD, maka dilakukan pemeriksaan epidemiologi maupun pemyemprotan.

Selain itu, mengintensifkan pembersihan lingkungan dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang upaya pencegahan penularan penyakit DBD.

"Jadi perlu ada kesadaran masyarakat untuk memelihara kebersihan lingkungan karena bila kotor, maka penularan penyakit DBD relatif cepat,"kata Bobby.

Dia mengemukakan langkah penanganan cepat dilakukan karena Pulau Hatta merupakan salah satu destinasi wisata bahari terkenal di Kepulauan Banda.

Banyak wisatawan mancannegara yang sering berkunjung ke Pulau Hatta sehingga harus terjamin daerah itu bebas penyakit menular.

"Wisatawan jangan ragu berkunjung ke pulau Hatta karena telah ditangani penularan penyakit DBD di sana," tandas Bobby.

Kepulauan Banda terdiri dari 10 buah pulau vulkanis didaftarkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada 2005.

Salah satu pulau, Run pernah ditukar dengan Manhattan, Amerika Serikat yang terkenal dengan Perjanjian Breda pada 1667.
Tim Gabungan Dinkes Atasi DBD Di Banda Reviewed by Tribun Maluku on 3/13/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.