Kantor Bahasa Maluku Gelar Sosialisasi Bagi Jurnalis Daring

Narasumber
AMBON Tribun-Maluku.com- Kantor Bahasa Maluku menggelar sosialisasi penggunaan Bahasa Indonesia bagi jurnalis daring. Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 orang jurnalis di Kota Ambon baik media cetak maupun online, berlangsung di Kantor Bahasa Maluku Wailela Desa Rumah Tiga Ambon, Selasa (24/8/2018).

Kepala Kantor Bahasa Maluku Dr. Asrif, M.Hum sebagai narasumber pertama dengan materi: fungsi dan peran Kantor Bahasa Maluku, dan wartawan senior sekaligus sastrawan Rudi Fofid sebagai narasumber kedua dengan materi: jurnalisme damai (perihal pemilihan sudut pandang pemberitaan dan bahasa, serta ketentuan umum dalam penggunaan Bahasa Indonesia di media massa dan cara mudah memperbaikinya).

Kepala Kantor Bahasa Maluku Dr. Asrif, M.Hum membuka dengan resmi sosialisasi tersebut mengatakan, lembaga bahasa pada zaman Belanda didirikan oleh para jurnalis. Hal ini disebabkan ketidaksatuan bahasa, karena suku yang ada di setiap daerah menggunakan bahasanya masing-masing.

"Masyarakat yang ada di Indonesia Timur dengan bahasanya masing-masing, begitu juga Indonesia Barat, dan Tengah, maka perlu di bentuk lembaga bahasa agar tercipta satu bahasa sehingga pembaca bisa lebih mengerti,"ucapnya.

Namun, seiringnya penggunaan Bahasa Indonesia terasa tidak terlau di pakai karena masuknya bahasa dari negara lain. Bahkan Bahasa Indonesia yang digunakan dalam pemberitaan media, tidak sesuai dengan Bahasa Indonesia yang baik.

Peserta
"Olehnya itu, kami (Kantor Bahasa-red) merasa perlu melakukan kegiatan ini bagi jurnalis daring, sehingga para jurnalis dapat menciptakan kalimat yang mudah dipahami oleh masyarakat,”tuturnya.

Walaupun demikian, Dr. Asrif, M.Hum menyadari jurnalis daring bekerja begitu cepat sehingga potensi kesalahan begitu besar terjadi. Karena dalam memposting berita terkadang tanpa melalui editor.

Untuk itu, ke depan dirinya berharap pemberitaan jurnalis bisa menyajikan Bahasa Indonesia yang baik dan mudah, sehingga dapat di mengerti oleh masyarakat/pembaca.(TM02)
Kantor Bahasa Maluku Gelar Sosialisasi Bagi Jurnalis Daring Reviewed by Ibek Melsasail on 4/25/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.