Kepala BPS Maluku, Apresiasi Temu Responden 2018

Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si
AMBON Tribun-Maluku.com- Kegiatan Temu Responden 2018 yang digagas oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku, mendapat apresiasi positif dari Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku, Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si.

Kegiatan ini sangat bermanfaat karena paling tidak membuka wawasan kita soal pemanfaatan digital dalam dunia ekonomi,"kata Kepala BPS Provinsi Maluku Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si di Ambon, Kamis (27/4/2018).

Menurutnya, hal yang tidak dilupakan dalam pemanfaatan digital adalah soal Informasi Teknologi (IT) dan Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk jaringan internet yang belum merata di seluruh kabupaten/kota di Maluku.

Karena IT selalu berubah dengan cepat maka perlu diimbangi dengan ketersediaan sarana prasarana yang memadai, sehigga kita bisa berlomba dengan kondisi perekonomian yang dipengaruhi oleh hal-hal yang digital.

Untuk itu, perlu koordinasi yang intensif serta meminta bantuan dari pihak PT. Telkomsel untuk membangun jaringan internet secara merata di seluruh wilayah Maluku.

Dumangar mencontohkan, potensi Maluku adalah ikan. Kalau ikan mau kita bisniskan dengan cara digital, maka kita harus memfasilitasi potensi ikan untuk bisa bertahan lama, serta pengolahannya mampu diakses keluar kepada pembeli.

Hal lain yang dilihatnya adalah, para UMKM bisa mengikuti pelatihan IT di Balai Latihan Kerja (BLK) Ambon, sehingga mampu mengakses produknya secara digital.(TM02)
Kepala BPS Maluku, Apresiasi Temu Responden 2018 Reviewed by Ibek Melsasail on 4/26/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.