KPw BI Maluku Dan BPD, Kerjasama Pilot Project BI Jangkau

Bambang Pramasudi (kiri) dan Burhan Waliulu (kanan)
AMBON Tribun-Maluku.com-  Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku dengan PT. BPD Maluku dan Maluku Utara, melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pilot Project Layanan Kas Bank Indonesia Menjangkau Kecamatan/Desa (BI Jangkau).

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pilot Project ini dilakukan oleh Kepala KPw BI Provinsi Maluku, Bambang Pramasudi dengan Direktur PT. BPD Maluku dan Maluku Utara Burhan Waliulu, bertempat di KPw BI Maluku Ambon, Senin (30/4/2018).

Dalam sambutannya Bambang Pramasudi mengatakan, BI Jangkau adalah program perluasan jangkauan layanan kas Bank Indonesia kepada masyarakat sampai ke tingkat kecamatan/desa, melalui jaringan kantor perbankan dan/atau pihak lain yang ditunjuk Bank Indonesai dalam rangka kebijakan peningkatan kualitas Uang Rupiah yang beredar di masyarakat.

Distribusi Uang Rupiah pada kegiatan pilot project BI Jangkau adalah kegiatan pengiriman Uang Rupiah dari Bank Indonesia/kas titipan ke bank di daerah yang telah disepakati bersama dalam rangka penukaran Uang Rupiah.

Menurutnya, latar belakang program BI Jangkau adalah titik distribusi uang yang telah ditetapkan selama ini baru mencapai kabupaten/kota dan belum melayani masyarakat di kecamatan/desa.

Sehingga diperlukan mekanisme distribusi yang bersifat struktural dan lebih kontinyu/berkesinambungan, untuk memberikan layanan kas kepada masyarakat di wilayah kecamatan/desa melalui optimalisasi sinergi dengan Perbankan, Pegadaian, Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) dan pihak lain yang memiliki jaringan distribusi dan kantor yang luas terutama di kecamatan/desa.

Tahun 2017, BI telah menetapkan delapan provinsi sebagai pilot project BI Jangkau, di provinsi yang memiliki 3T (terpencil, terdepan, dan terluar), yaitu Kepulauan Riau, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua. Sedangkan tahun 2018, BI kembali melakukan perluasan lokasi pilot project BI Jangkau di empat provinsi yaitu: Maluku, Sumatera Utara, Papua Barat dan Banten.

BI Jangau bertujuan untuk meningkatkan perluasan jangkauan distribusi uang dan layanan kas BI hingga mencapai area Desa yang selama ini sulit mendapatkan uang dengan kualitas yang baik. Program ini akan memperlancar peredaran uang dari dua sisi yaitu: melalui percepatan distribusi uang layak edar dan memudahkan penyerapan uang tidak layak edar di masyarakat.

Dikatakan, program BI Jangkau merupakan peguatan dari program layanan kas yang telah dilakukan sebelumnya, antara lain melalui kerja sama Kas Titipan. Selain itu, BI juga akan tetap melaksanakan dan memperkuat kerja sama distribusi uang dengan lembaga lainnya, antara lain kerja sama dengan TNi AL atau badan lainnya, untuk menjangkau pulau-pulau terluar Indonesia.

Untuk pelaksanaan pilot project BI jangkau di Maluku, BI telah menunjuk PT. BPD Maluku dan Maluku Utara sebagai Bank Pelaksana BI Jangkau dengan wilayah yang menjadi lokasi pilot project adalah Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur (SBT). Kabupaten Maluku Tengah meliputi Kecamatan Wahai dan Kobisonta, sementara wilayah SBT meliputi Kecamatan Bula dan Geser.


BPD Maluku dan Maluku Utara akan bertindak sebagai koordinator distribusi uang bagi bank atau lembaga lainnya di wilayah tersebut, untuk mengedarkan Uang Layak Edar dan menarik Uang Tidak Layak Edar dari masyarakat.

Ke depan, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan perluasan titik distribusi uang, baik melalui Program Kas Titipan maupun Program BI Jangkau ke wilayah lainnya di Provinsi Maluku, bekerja sama dengan lembaga atau pihak lainnya.

Melalui program BI Jangkau, diharapkan masyarakat di kecamatan/desa akan lebih mudah mendapatkan uang layak edar, serta menukarkan uang mereka yang sudah tidak layak edar. Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian pelaksanaan Pilot Project BI Jangkau, dalam waktu dekat akan segera dilakukan sosialisasi dan implementasi pelaksanaan BI Jangkau di wilayah-wilayah tersebut.(TM02).
KPw BI Maluku Dan BPD, Kerjasama Pilot Project BI Jangkau Reviewed by Ibek Melsasail on 4/30/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.