KPBI Maluku Gelar Temu Responden 2018

Kepala KPw BI Maluku, Bambang Pramasudi
AMBON Tribun-Maluku.com- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Provinsi Maluku menggelar acara Temu Responden 2018 dengan tema Perekonomian di Era Digital, berlangsung sehari di The Natsepa Hotel, Desa Suli Kec. Salahutu Maluku Tengah, Rabu (25/4/2018).

Peserta yang hadir pada acara Temu Responden ini sekitar 100 orang berasal dari unsur Pemerintah, Perbankan, Pelaku Usaha, dan Akademisi.

Kepala KPw BI Provinsi Maluku Bambang Pramasudi membuka dengan resmi acara dimaksud mengatakan, Bank Indonesia dalam acara Temu Responden tahun 2018 mengangkat tema Perekonomian di Era Digital dengan harapan, seluruh stakeholders memiliki semangat untuk melakukan terobosan yang ditawarkan oleh perkembangan ekonomi terkini, khususnya perkembangan teknologi dan ekonomi digital sebagai bagian dari percepatan pertumbuhan ekonomi Maluku.

Menurutnya, perkembangan teknologi membuka begitu banyak ruang bagi kita untuk melakukan pengembangan produk dan jasa serta merubah peta strategi ekspansi ekonomi.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat massif dalam satu dekade terakhir telah mendorong munculnya berbagai aktivitas ekonomi baru berbasis digital dan berimplikasi kepada: Terciptanya data dan informasi dalam jumlah besar dan beragam serta dihasilkan dengan sangat cepat, serta Berubahnya peta dan pola perekonomian dengan semakin berkembangnya ekonomi digital.

Potensi ekonomi digital sangat besar didasarkan pada data dan informasi jumlah pengguna internet Indonesia saat ini. Sebagai contoh, jumlah masyarakat Indonesia yang berbelanja melalui internet (online) di Indonesia, mencapai 24,74 juta orang. Setiap pengguna e-commerce di Indonesia rata-rata membelanjakan Rp 3 juta per tahun.

Aktivitas belanja online yang tinggi ini sejalan dengan keaktifan orang Indonesia di berbagai media sosial. Selama setahun terakhir para pengguna internet telah membelanjakan uangnya sekitar USD 5,6 miliar atau Rp.75 triliun per tahun di berbagai e-commerce.

Di sisi lain, jumlah penyedia jasa teknologi keuangan atau financial technology (Fintech) tumbuh 78 persen selama 2015-2016. Pada akhir 2017 tercatat 235 perusahaan yang bergerak di sektor ini.

Ke depan, peran ekonomi digital terhadap perekonomian Indonesia akan semakin besar. Mengacu pada kajian McKinsey Indonesia pada 2016, ekonomi digital diproyeksi akan memberi nilai tambah sebesar USD 115 miliar atau setara 10 pesren dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2025. Teknologi digital juga dipercaya akan
membantu penyerapan tenaga kerja hingga empat juta orang di tahun 2025.

Narasumber yang dihadirkan dalam acara tersebut masing-masing Josua Pardede, Economist PT Bank Permata dengan materi: Perkembangan dan outlook ekonomi 2018 serta perkembangan ekonomi digital dan Sigit Aryo Tejo, Sales Director Modalku dengan materi: Perkembangan financial technology melalui marketplace lending, serta Moderator Olyvia Ririmase.

Peserta
Bambang Pramasudi menyampaikan beberapa pesan sebagai berikut: Di himbau kepada masyarakat jika ingin melakukan jual atau beli uang kertas asing dapat menggunakan jasa dari Bank-bank Devisa atau Pedagang Valuta Asing bukan Bank yang berizin; Dalam melakukan transaksi di NKRI menggunakan mata uang Rupiah dan bukan valuta asing;

Dalam menghadapi Bulan Puasa Ramadhan dan Lebaran, masyarakat tidak panik dalam berbelanja kebutuhan pokok. Tim Pengendali Inflasi Daerah senantiasa memantau stok bahan-bahan pokok dalam rangka mencukupi kebutuhan masyarakat, serta berbelanja lebih bijak.

Mewaspadai peredaran uang palsu dengan mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah, apabila ragu maka dapat menanyakan kepada kasir-kasir di perbankan atau kasir di Bank Indonesia; Dalam melakukan transaksi dengan transaksi non tunai melalui alat pembayaran dengan kartu seperti uang elektronik (e-money), kartu debit, kartu kredit dll.

Pramasudi berharap, acara ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dengan memanfaatkan Ekonomi Digital bagi kemajuan usaha dan perekonomian khususnya di Maluku.(TM02)
KPBI Maluku Gelar Temu Responden 2018 Reviewed by Ibek Melsasail on 4/25/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.