Persediaan Beras Di Maluku Tengah Terjamin

Persediaan atau stok beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah menjelang musim hujan pada April hingga September 2018 terjamin karena dipasok distributor dari sentra produksi.
Ambon, Tribun-Maluku.com : Persediaan atau stok beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah menjelang musim hujan pada April hingga September 2018 terjamin karena dipasok distributor dari sentra produksi.

Kadis Perindag Maluku Tengah Kace Pattiasina, dihubungi dari Ambon, Selasa Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2018, mengatakan stok beras saat ini mencukupi untuk kebutuhan lebih dari 500.000 jiwa penduduk setempat hingga tiga bulan ke depan.

"Jadi, menjelang musim hujan masyarakat tidak perlu meresahkan beras, karena stok yang biasanya dipasok dari Surabaya, Jawa Timur maupun dataran Pasahari, Kecamatan Seram Utara terjamin tersedia dalam jumlah banyak," ujarnya pula.

Para distributor juga sejak dini telah memasok dari sentra produksi guna menyimpan beras pada masing-masing gudang, sehingga tidak mengalami kesulitan bila musim hujan.

"Pemasokan beras biasanya dilakukan distributor menjelang musim hujan, sehingga ongkos transportasi maupun buruh tidak terlalu mahal karena pertimbangan kondisi cuaca," kata Kace.

Dia mengemukakan, tim Disperindag intensif melakukan pemantauan, baik di pasar-pasar tradisional maupun ritel, sehingga pelaporan stok maupun harga dapat dipertanggungjawabkan.

Begitu pula, tim satgas pangan intensif melakukan pengecekan, baik stok maupun harganya.

Bahkan, sering mengecek stok hingga di gudang-gudang distributor, sehingga sinergi dalam menjamin persediaan maupun pengendalian harga.

"Kami biasanya berkoordinasi dengan para distributor agar memasok beras dari Surabaya untuk menjamin kebutuhan pokok masyarakat itu, sekaligus mengantisipasi kenaikan harganya," kata Kace.

Khusus beras produksi para transmigran di Pasahari pengadaannya dengan sistem subsidi dari Pemkab Maluku Tengah.

Masyarakat di Masohi, ibu kota Kabupaten Maluku Tengah membeli dengan harga relatif murah karena Pemkab Maluku Tengah menggantikan biaya transportasi, buruh dan lainnya.

"Pastinya di Maluku Tengah juga tersedia substitusi karbohidrat lain berupa umbi-umbian dan sagu, sehingga bisa menyangga kebutuhan masyarakat," kata Kace.
Persediaan Beras Di Maluku Tengah Terjamin Reviewed by Tribun Maluku on 4/24/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.