Bantuan Sarana Tangkap Perikanan Tunjang Ekonomi Nelayan

Komisi B DPRD Maluku mengharapkan penyaluran bantuan sarana tangkap perikanan bisa mendorong dan menunjang pertumbuhan ekonomi para nelayan di daerah ini.
Ilustrasi
Ambon, Tribun-Maluku.com : Komisi B DPRD Maluku mengharapkan penyaluran bantuan sarana tangkap perikanan bisa mendorong dan menunjang pertumbuhan ekonomi para nelayan di daerah ini.

"Tahun 2017 ada bantuan sarana penangkapan ikan baik yang bersumber dari APBN maupun APBD kepada kelompok nelayan di Maluku, termasuk Kota Ambon," kata wakil ketua Komisi B DPRD Maluku, Abdullah Marasabessy di Ambon, Senin (30/4).

Bantuan perikanan 2017 di Ambon berupa jaring porsesian untuk body besar bagi kelompok nelayan yang anggotanya lebih dari 25 orang, kemudian bantuan pancing tonda bagi kelompok nelayan beranggotakan lima orang.

Ada juga bantuan sarana tangkap ikan berupa jaring bagi nelayan perorangan yang menggunakan perahu semang.

"Kami akan turun kepada para nelayan untuk melihat progres kegiatannya bagaimana dan dampak positif berupa hasil tangkapan dan penjualan ikannya seperti apa," katanya.

Ikan segar di pasaran Ambon sendiri terkadang menghilang disaat terjadi musim hujan dan badai seperti saat sekarang hingga menyebabkan harga jual ikan segar juga semaki tinggi.

Soal program pemberian kartu nelayan,menurut Abdullah, yang jelas memang banyak kelompok penerima bantuan terutama di bidang sarana penangkapan ikan dan budidaya yang belum memilikinya.

Persoalan ini disebabkan sosialisasi kartu nelayan yang harus dimiliki setiap orang yang berprofesi sebagai nelayan sebagai syarat belum tersosialisasi dari dinas terkait secara baik.

"Makanya masyarakat nelayan harus diberikan informasi yang jelas agar mereka bisa mengurus dan mendapatkannya sehingga data base jumlah nelayan per kabupaten/kota kalau sudah terinput dengan kartu nelayan bisa terdeteksi berapa besar jumlahnya," kata Abdullah.

Kemudian data ini akan menjadi bahan referensi SKPD terkait bisa melakukan penanganan dengan menyusun program pemberdayaan di bidang perikanan," ujarnya.
Bantuan Sarana Tangkap Perikanan Tunjang Ekonomi Nelayan Reviewed by Tribun Maluku on 5/01/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.