Bea Cukai Ambon Gelar Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK-WBM

AMBON Tribun-Maluku.com- Kantor Bea Cukai Ambon menggelar Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBM), bertempat di halaman Kantor Bea Cukai Ambon, Selasa (15/5/2018).

Kepala Kantor Bea Cukai Maluku dan Maluku Utara Finari Manan mengatakan, dirinya memberikan apresiasi kepada Kepala Kantor Bea Cukai Ambon beserta seluruh jajaran, atas komitmen bersama dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

Menurutnya, dengan adanya pencanangan Zona Integritas maka tidak ada lagi toleransi terhadap penyimpangan-penyimpangan, atau praktek-praktek yang tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Ada empat fungsi utama yang mampu mengoptimalkan fungsi Bea Cukai yakni: fungsi sebagai penyelenggara, memberikan fasilitas, perdagangan, serta melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang terlarang.

Hal ini berangkat dari tuntutan masyarakat yang terus meningkat terhadap peran dan fungsi Bea Cukai, dalam melakukan pemberantasan barang illegal serta tuntutan-tuntutan yang berkaitan dengan praktek pungli.

"Dengan tingginya tuntutan masyarakat tersebut maka terwujudnya birokrasi yang transparan, akuntabilitas, bebas dari korupsi dan nepotisme, yang mengharuskan adanya perubahan sistem birokrasi,"ucapnya.

Hal ini sejalan dengan latar belakang diterbitkannya Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) Nomor 52 Tahun 2014 tentang: Pedoman pembangunan jurnal integritas menuju wilaya bebas korupsi dan wilaya birokrasi bersih dan melayani (WBK-WBM).

Dikatakan, birokrasi reformasi ini dilakukan oleh Bea dan Cukai dalam mewujudkan institusi yang kredibel, yang telah melakukan reformasi birokrasi dengan mengusung empat tema besar dalam program penguatan reformasi Bae Cukai pada tahun 2016 akhir, yaitu penguatan integritas budaya organisasi dan kelembagaan.

Program reformasi tersebut merupakan upaya berkesinambungan yang menyasar kepada internal Bea Cukai, juga stakeholder dan pengguna jasa.

Program ini adalah suatu upaya dalam mewujudkan proses bisnis impor dan ekspor yang sehat, adil, transparan, yang merupakan perwujudan Bea Cukai menjadi institusi yang melayani.(TM)
Bea Cukai Ambon Gelar Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK-WBM Reviewed by Ibek Melsasail on 5/16/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.