Bulan Mei 2018, TFL Akan Diturunkan Ke Desa

Piter Pakabu, ST. M.Si
AMBON Tribun-Maluku.com- Direncanakan dalam bulan Mei 2018, 70 orang Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dan 11 orang Koordinator Fasilitator (KorFas), akan diturunkan ke desa-desa di Maluku untuk melaksanakan tugas pendampingan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

TFL dan KorFas akan bertugas untuk mendampingi masyarakat calon penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pada 11 kabupaten/kota di Maluku.

Sebelum TFL dilepas ke desa, mereka telah dibimbing di provinsi baik dari sisi teknis maupun pemberdayaan sehingga saat di lapangan, mereka dapat berkomunikasi dan melakukan verifikasi/pendataan, serta tugas-tugas lain dengan baik.

Mereka (TFL-red) difasilitasi dengan berbagai atribut termasuk mendapat surat tugas,"kata Kepala Satuan Kerja (KaSatker) Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku, Piter Pakabu, ST. M.Si di Ambon, Rabu (9/5/2018).

Menurut Pakabu, penyerahan TFL akan dilakukan secara bertahap yaitu dari provinsi kepada kabupaten/kota, dan bersama tim teknis kebupaten/kota TFL akan diserahkan ke desa, disertai dengan pelaksanaan program BSPS.

TFL dalam melaksanakan tugas pendampingan di masyarakat, setiap minggu dievaluasi melalui laporan kegiatan sehingga bisa diketahui kinerja TFL di lapangan.

"Satu orang TFL akan menangani kurang lebih 50 unit rumah. TFL harus jujur, independen, beretika dan tidak gampang dipengaruhi oleh pihak mana pun,"pintanya.

Dikatakan, sebanyak 3.500 unit rumah yang akan di bangun melalui program BSPS yang tersebar pada 11 kabupaten/kota di Maluku dengan rincian: Kabupaten Maluku Tengah 602 unit, Seram Bagian Barat (SBB) 550 unit, Kota Tual 300 unit,

Kabupaten Buru 300 unit, Maluku Barat Daya (MBD) 300 unit, Maluku Tenggara 300 unit, Maluku Tenggara Barat (MTB) 273 unit, Seram Bagian Timur (SBT) 250 unit, Buru Selatan 211 unit, Kepulauan Aru 200 unit dan Kota Ambon 214 unit.

Pakabu dapat memantau lokasi-lokasi program BSPS di desa di seluruh Maluku melalui peta sebaran lokasi, hasil kerja Satker/SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku.

"Kami optimis tidak ada masalah dalam pelaksanaan program BSPS di lapangan karena sudah ada pelimpahan tanggung jawab kepada PPK, Konsultan Management Provinsi, Koordinator Fasilitator dan TFL secara berjenjang,"katanya.

Sedangkan sebagai Kasatker, Pakabu bertugas untuk memonitor dan berharap, progressnya lebih cepat lebih baik.(TM02)
Bulan Mei 2018, TFL Akan Diturunkan Ke Desa Reviewed by Ibek Melsasail on 5/09/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.