Dua Kurir Narkoba Dituntut Enam Tahun Penjara

Dino Kainama (26) dan Kornelis Hobert Kainama (18), dua terdakwa kurir narkoba golongan satu bukan tanaman, dituntut enam tahun penjara oleh jaksa penuntut umum Kejaksaan Tinggi Maluku.
Ambon, Tribun-Maluku.com : Dino Kainama (26) dan Kornelis Hobert Kainama (18), dua terdakwa kurir narkoba golongan satu bukan tanaman, dituntut enam tahun penjara oleh jaksa penuntut umum Kejaksaan Tinggi Maluku.

"Kami minta majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menyatakan terdakwa Dino Kainama terbukti bersalah melanggar pasal 114 ayat (1) Undang-Undang Nnomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," kata JPU Selvia Hattu di Ambon, Kamis (31/5).

Tuntutan jaksa disampaikan dalam persidangan dipimpin ketua majelis hakim PN Ambon, S Pujiono didampingi Syamsudin La Hasan dan Jimmy Wally selaku hakim anggota.

Selain dituntut enam tahun penjara, jaksa juga meminta terdakwa dihukum membayar denda senilai Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan.

Yang memberatkan terdakwa dituntut hukuman penjara dan dendam karena tidak membantu program pemerintah dalam memberantas narkoba, sedangkan yang meringankan adalah terdakwa mengakui perbuatannya dan belum pernah dihukum.

Dalam persidangan dengan majelis hakim yang sama, JPU Kejati Maluku, Ester Wattimury juga meminta terdakwa Cornelis Kainama dinyatakan terbukti bersalah dan divonis enam tahun penjara.

Jaksa juga menuntut terdakwa Kornelis membayar denda sebesar Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan karena melanggar pasal 114 ayat (1) UU 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Sedangkan barang bukti berupa 45 paket sabu-sabu seberat 36,28 gram yang disimpan dalam brankas kecil warna putih, satu alat timbangan dan skop yang terbuat dari sedotan plastik dirampas untuk dimusnahkan.

Terdakwa Dino dan Kornelis ditangkap bersama rekan mereka Dian Nikijuluw oleh BNN Provinsi Maluku pada 26 Oktober 2017 sekitar pukul 14.30 WIT di kawasan Wailela, Kecamatan Teluk Ambon.

Dari hasil pengembangan pemeriksaan, polisi menemukan barang bukti berupa 45 paket sabu-sabu milik Gheral Tomatala yang merupakan bandar besar namun dititipkan di rumah pacarnya, Dian Nikijuluw.

Majelis hakim menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda mendengarkan pembelaan penasihat hukum kedua terdakwa.
Dua Kurir Narkoba Dituntut Enam Tahun Penjara Reviewed by Tribun Maluku on 5/31/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.