BI-Unpatti Teken Kerjasama Program Beasiswa

Kepala KPw BI Maluku,  Bambang Pramasudi
AMBON Tribun-Maluku.com- Sebagai bagian dari program beasiswa kepada mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia maka, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku Bambang Pramasudi, menandatangani Perjanjian Kerjasama Program Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2018 dengan Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M.J. Saptenno, di Ambon, Kamis (3/5/2018).

Program ini diberikan kepada mahasiswa program Strata 1 yang kurang mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik, guna menyelesaikan tugas akhir akademik/studinya dan bersifat sosial serta tanpa ikatan dinas.

Penyerahan beasiswa Bank Indonesia dengan Universitas Pattimura (Unpatti) dihadiri oleh Edison Betaubun anggota DPR RI Komisi XI, Rektor dan Wakil Rektor Unpatti beserta jajarannya, Pimpinan BNI Cabang Ambon dan anggota Generasi Bank Indonesia (GenBI) Maluku.

"Program ini merupakan salah satu bentuk komitmen dan kepedulian Bank Indonesia di sektor pendidikan, bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, memotivasi generasi muda untuk menyelesaikan pendidikan tinggi, mengembangkan komunitas mahasiswa berwawasan kebanksentralan untuk menjadi frontliners, change agents dan future leaders serta optimalisasi potensi, meningkatkan prestasi untuk menghasilkan SDM yang mandiri dan produktif" demikian disampaikan Bambang Pramasudi.

Di Provinsi Maluku, Bank Indonesia bekerja sama dengan Universitas Pattimura, dengan jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa sebanyak 40 mahasiswa per tahun.

Program beasiswa ini telah dilaksanakan sejak tahun 2011. Pada tahun 2017 Bank Indonesia telah menyalurkan beasiswa kepada 3.290 mahasiswa di 89 Perguruan Tinggi pada 16 Program Studi.

Pada tahun 2018 ini terdapat peningkatan bantuan beasiswa Bank Indonesia. Pertama, jumlah penerima meningkat dari 40 mahasiswa menjadi 50 mahasiswa setiap tahunnya.
Kedua, nilai beasiswa meningkat dari semula Rp.750.000/bulan menjadi Rp.1.000.000/bulan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para penerima beasiswa untuk terus berprestasi sebagai calon pemimpin di masa depan.

Ke depan program ini diharapkan tidak hanya membantu dari sisi mahasiswa, namun akan diarahkan juga melalui program yang bersifat edukasi bagi mahasiswa yaitu; pengembangan kewirausahaan/entrepreneur.

Termasuk menyelenggarakan seminar atau pelatihan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa, mengikutsertakan mahasiswa pada acara/kegiatan Bank Indonesia dan melakukan pertemuan secara rutin dengan mahasiswa serta pembinaan akhlak/mental mahasiswa.(TM)
BI-Unpatti Teken Kerjasama Program Beasiswa Reviewed by Ibek Melsasail on 5/04/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.