Sebanyak 32 Koperasi Di Ambon Yang Laksanakan RAT

 Drs. M. Keiluhu 
AMBON Tribun-Maluku.com- Sebanyak 32 Koperasi di Kota Ambon yang sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunaan (RAT) hingga bulan Mei 2018. Sedangkan ada 20 koperasi yang sementara didampingi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Ambon untuk melaksanakan RAT.

20 koperasi ini selalu melakukan konsultasi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro tentang bagaimana bisa membuat RAT seperti menyusun dokumen, mempersiapkan segala sesuatu untuk bisa melakukan RAT dan RAT itu benar.

Selain itu ada lima koperasi yang sudah tidak aktif namun berkonsultasi dengan Dinas Koperasi untuk bisa aktif kembali,"kata Kepala Dinas Koperasi dan Usah Mikro Kota Ambon Drs. M. Keiluhu di Ambon, Kamis (10/5/2018).

Menurut Keiluhu, pihaknya selalu dibantu oleh mitra terdekat yaitu Dewan Koperasi Nasional Daerah (Dekopinda) Kota Ambon. Dekopinda juga membantu untuk membina koperasi yang ada dibawahnya.

Program-program Dekopinda selalu chun dengan program Dinas Koperasi berupa "Gerakan Ayo RAT", kepada 253 koperasi yang masih aktif hingga saat ini. Termasuk membuat provil dari masing-masing koperasi.

"Kami sedang bekerja keras untuk mencari koperasi-koperasi yang pengurusnya sudah tidak aktif untuk melakukan revitalisasi. Tujuannya adalah bagi koperasi yang masih aktif bisa melakukan RAT dan yang tidak aktif bisa aktif kembali, termasuk menilai apakah sebuah koperasi itu sehat atau tidak sehat"ucapnya.

Dikatakan, hasil penilaian tahun 2017 lalu hanya empat koperasi yang dinyatakan sehat, sisanya kurang sehat dan tidak sehat. Tiga hal yang dinilai adalah: Kelembagaan, Keuangan dan Usaha (ada unit usaha atau tidak).(TM02)
Sebanyak 32 Koperasi Di Ambon Yang Laksanakan RAT Reviewed by Ibek Melsasail on 5/10/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.