SMKN 7 Tunggu Juknis Penerimaan Siswa Baru

Penerimaan peserta didik baru pada SMK Negeri 7 Ambon dari sisi teknis dan administrasi sudah dipersiapkan dengan matang, selain menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.
Drs. Saiful, MM.Pd
AMBON Tribun-Maluku.com- Penerimaan peserta didik baru pada SMK Negeri 7 Ambon dari sisi teknis dan administrasi sudah dipersiapkan dengan matang, selain menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.

Yang menjadi acuan pada penerimaan siswa baru tahun ajaran 2018/2019 ini tidak berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya, namun sebagai sekolah negeri harus berlandaskan pada mekanisme/dasar hukumnya seperti Permendikbud, Juknis dari Dikbud dan Hasil rapat panitia penerimaan.

Dari segi quota disesuaikan dengan daya tampung yaitu, berapa jumlah siswa yang keluar minimal jumlah itu yang kami terima,"kata Kepala SMK Negeri 7 Ambon Drs. Saiful, MM.Pd di Ambon, Rabu (16/5/2017).

Menurut Saiful, hal tersebut bukan menjadi dasar yang baku namun harus memperhatikan animo masyarakat yang ingin anaknya untuk masuk di sekolah ini.

Jika animo masyarakat yang masuk di SMKN 7 melampaui batas, maka pihaknya akan mempertimbangkan berapa persen dari minimal yang telah diajukan sebagai syarat dari jumlah quota yang diterima.

"Walaupun secara resmi pihaknya belum membuka pendaftaran siswa baru namun sudah ada orang tua yang memasukkan berkas anaknya di SMK Negeri 7 Ambon,"ucapnya.

Penerimaan siswa baru pada sekolah ini menggunakan sistem online. Sedikit terjadi kendala jika siswa lulusan SMP dari sekolah asal jumlahnya cukup banyak, serta siswa memilih tiga sekolah misalnya SMK, SMA Negeri dan SMA Swasta.

Dikatakan, pihaknya tetap mengikuti prosedur penerimaan siswa baru dengan sistem online. Namun, ada kebijakan sekolah untuk menyediakan fasilitas kepada siswa yang mendaftar secara manual yaitu; pihak panitia atau tim yang dibentuk sekolah membatu untuk menginput data sehingga semua pelamar masuk dalam sistem online.

Sesuai data, animao siswa untuk masuk SMK Negeri 7 dari tahun ke tahun selalu meningkat. Untuk itu, sebagai pimpinan skolah Saiful memberikan apresiasi yang positif serta ucapan terima kasih kepada orang tua atau customer, yang telah dan ingin memasukkan anaknya di SMK Negeri 7 Ambon.

"Keinginan dari Direktorat Pembinaan SMK (PSMK) agar sekolah-sekolah SMK menerima siswa baru sebanyak-banyaknya, sehingga ketika ada siswa yang berlebihan di sekolah tersebut, maka ini menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan oleh dinas maupun Direktorat PSMK untuk memberikan bantuan kepada sekolah tersebut, berupa RKB maupun ruang praktek siswa,"ulasnya.

Tahun 2017 lalu sekolah ini menerima siswa baru sebanyak 200 lebih dengan jumlah kelas yang tersedia delapan kelas dan rata-rata per kelas 34 siswa.

Sesuai pengalaman, ada beberapa program keahlian yang kelebihan minat/daya tampung. Untuk itu, Saiful meminta siswa untuk tidak ikut-ikutan memilih program keahlian tertentu, melainkan harus memilih progam keahlian sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki siswa.(TM02)
SMKN 7 Tunggu Juknis Penerimaan Siswa Baru Reviewed by Ibek Melsasail on 5/16/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.