Tangani Pendidikan, Perlu Multi Interdisipliner Dan Lintas Institusi

Drs. Edo Luturmas, M.Si 
AMBON Tribun-Maluku.com- Pendidikan yang bermakna memerlukan penanganan yang multi interdisipliner dan lintas institusi serta lintas komponen, karena pendidian itu multi kompleks permasalahan dan penanganannya.

Untuk itu dalam kaitan dengan proses pembelajaran saat ini, maka perlu penanganan yang serius semua pihak terutama satuan pendidikan, bahkan lebih khusus guru mata pelajaran Ujian Nasional termasuk teori produktif.

Khusus untuk mata pelajaran (Mapel) UN perlu management yang provesional dari kepala sekolah sebagai leadir sheep di sekolah,"kata Kepala SMK Negeri 6 Ambon Drs. Edo Luturmas, M.Si di Ambon, Selasa (8/5/2018).

Menurutnya, guru mapel harus membaca bahkan memberikan pengembangan atau tafsiran terhadap semua standar kompetensi lulusan sampai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di SKL.

Terkait dengan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 6 Ambon, dari 202 siswa peserta UNBK ada siswa yang mendapat nilai tertinggi yaitu 96 bahkan ada yang rendah.

"Itu sesuatu yang wajar tetapi juga tantangan yang harus diterima dan direfleksikan sekaligus dirancang, untuk memperbaiki guna meningkatkan mutu pendidikan,"ucapnya.

Asumsinya adalah: hasil pendidikan yang bermutu itu tidak pernah menghianati proses pendidikan yang bermutu. Artinya, hasil itu sangat ditentukkan oleh proses, maka proses pendidikan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Ini merupakan sebuah refleksi terhadap guru untuk lebih menyiapkan diri secara baik sesuai bidang studi, sebab berhasil tidaknya siswa tergantung dari guru, disamping perhatian dari orang tua dan siswa sendiri harus ditingkatkan.

Dikatakan, khusus untuk mapel UNBK maka SMK Negeri 6 perlu di atur secara ekstra, karena sifatnya stadar nasional di samping Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

SMK Negeri 6 Ambon siap membuka diri bagi pihak lain untuk memberikan masukan, jika itu memberikan nilai tambah bagi sekolah. SMKN 6 akan melakukan kerja sama dengan pihak lain seperti dunia industri untuk teori kejuruan, dan Unpatti untuk menangani khusus bidang studi yang masuk dalam ujian nasional.

"Jika kerja sama ini dilaksanakan dan berjalan dengan baik, maka dipastikan ke depan hasil UN pada sekolah ini menggembirakan,"katanya.(TM05)
Tangani Pendidikan, Perlu Multi Interdisipliner Dan Lintas Institusi Reviewed by Ibek Melsasail on 5/08/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.