Disperindag Maluku Tangani 10 Program Dan 33 Kegiatan

Elvis Pattiselano, SE. M.Si  (tengah)
AMBON Tribun-Maluku.com- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku dalam tahun 2018 ini, menangani 10 program dengan 33 kegiatan, yang pelaksanaannya sudah berjalan kurang lebiih lima bulan.

Enam program sudah jalan seperti, program pengembangan perdagangan dalam negeri, pengembangan ekspor, peningkatan industri, perlindungan konsumen, tertib niaga, dan kesekretariatan.

Sedangkan dari 33 kegiatan, 16 kegiatan yang sudah jalan dan semuanya masuk dalam triwulan satu,"kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Promal, Elvis Pattiselano, SE. M.Si dalam Jumpa Pers di Ambon, Jumat (8/6/2018).

Menurut Pattiselano, dari semua program ini yang berlangsung rutin yakni perdagangan dalam negeri, luar negeri dan tertib niaga. Untuk program dalam negeri, dilakukan koordinasi dengan para Distributor, guna memantau ketersediaan stock pangan di pasar termasuk harga.

Inflasi di Maluku hasil rilis Bank Indonesia dan Statistik, untuk bulan Januari sampai April 2018 di bawah 1 persen, dan untuk bulan Mei sesuai prediksi Disperindag inflasi agak naik, dibandingkan bulan sebelumnya.

"Ternyata benar, Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku merilis inflasi bulan Mei berada pada 1,19 persen, dengan pemicunya adalah sayur mayur komoditi lokal. Ini menggambarkan komoditi pasokan luar Maluku, tersedia dalam jumlah yang cukup dan harganya terkendali,"ulasnya.

Para Jurnalis
Dikatakan, semua yang dicapai terkait pengendalian stock dan harga, itu terjadi karena koordinasi yang intens bukan saja diinternal provinsi, namun sampai keluar daerah sentra produksi, seperti Surabaya, Makassar dan Menado.

"Setiap ada gejolak harga, kami mengirim pegawai untuk mengeceknya. Sebagai contoh, beberapa waktu lalu saat Bawang Merah naik harga, kami mengirim pegawai datang ke petani dan pasar Bawang Merah terbesar di Probolinggo, untuk mengecek dan melihat langsung kenapa sampai harga Bawang Merah naik,"jelasnya.(TM04)
Disperindag Maluku Tangani 10 Program Dan 33 Kegiatan Reviewed by Ibek Melsasail on 6/09/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.