Harga Komoditi Sayuran Dan Buah Masih Stabil

Ir. Tia Amma
AMBON Tribun-Maluku.com- Secara umum harga komoditi sayur-sayuran dan buah-buahan di pasar tradisional di Kota Ambon, selama bulan suci Ramadhan serta menjelang hari raya Idul Fitri masih stabil.

Harga sayur-sayuran daun di Ambon masih stabil karena sebagian besar petani sudah menggunakan screen house, sehingga stok sayuran tetap tersedia dalam jumlah yang cukup.

Jika stok sayuran cukup tersedia di petani maka harga pun terjangkau,"kata Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Ir. Tia Amma di Ambon, Rabu (6/6/2018).

Menurutnya, menjelang hari raya Idul Fitri tahun 2018 kebutuhan masyarakat akan Cabe Rawil masih stabil bahkan surplus. Untuk Bawang Merah 30 persen tersedia secara lokal, sedangkan sisanya berasal dari luar Ambon-Maluku.

Soal buah-buahan seperti Jeruk, Pisang dan Nenas cukup tersedia, sementara buah Naga dan Advokat stoknya terbatas bahkan sampai tidak ada.

Dikatakan, sentra produksi buah Naga di Kabupaten Buru pun bekurang karena belum sampai waktu penen. Sementara buah Advokat belum ada sentra produksi dan masih bersifat perorangan.

Harga buah Naga di tingkat petani Rp.25 ribu/kg sedangkan harga di pasar Rp.30 ribu/kg. Sayangnya, petani di daerah ini belum terlalu berminat untuk menanam buah Naga.

"Hanya Kabupaten Buru sebagai sentra produksi buah Naga, sementara Kabupaten Maluku Tenggara Barat masih bersifat perorangan dan masih dilakukan uji coba penanaman,"katanya.(TM02)
Harga Komoditi Sayuran Dan Buah Masih Stabil Reviewed by Ibek Melsasail on 6/06/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.