KPU Gelar Debat Kedua Pilwalkot Tual

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual menggelar Debat Publik putaran Kedua pasangan Calon Walikota dan Wali Walikota Tual Tahun 2018  di Gedung LPTQ Tual, Senin (18/6).
Tual, Tibun-Maluku.com : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual menggelar Debat Publik putaran Kedua pasangan Calon Walikota dan Wali Walikota Tual Tahun 2018  di Gedung LPTQ Tual, Senin (18/6).

Debat mengangkat tema Pembangunan Ekonomi, Penguatan Sumber Daya dan  Potensi Daerah Serta Pemberdayaan Masyarakat di semua Aspek Pembangunan.

Ketua KPU Kota Tual, Ibrahim Faqih menyatakan debat pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tual yang diselenggarakan merupakan bagian dari rangkaian tahapan kampanye yang ditetapkan oleh KPU Kota Tual.

"Debat pasangan calon walikota dan wakil walikota tual putaran kedua bagian dari tahapan kampanye," katanya.

Debat Publik Paslon Walkot Tual dihadiri oleh ketiga paslon yakni Paslon Urut 1, Drs Yunus Serang MSi - Eva Fransina Balubun SPt dengan akronim (SERASI), Paslon Urut 2, Adam Rahayaan SAg MSi dan Usman Tamnge dengan akronim (AMAN), serta paslon Urut 3 , Drs Basri Addly Banjar MSi dan Fadilah Rahawarin SPi) dengan akronim (ADIL).

Dalam debat Publik yang dihadiri oleh 5 panelis antara lain  DR Abdul Manaf Tubaka MSi dosen IAIN Ambon, Dr Djufri Rays Pattilouw SE MSi dosen Universitas Pattimura dan IAIN Ambon, Dr Ruslan HS Tawari SPi MSi dosen Universitas Pattimura, Amir Faisal Kotarumalos SSos MSi dosen Universitas Pattimura, Univ Darussalam, STIA Alazka, STAIN Ambon dan Dr Sherlock Halmes Lekipiouw SH MS dosen Universitas Pattimura.

Sebelum debat kandidat, arahan Kamtibmas disampaikan oleh Kapolres Maluku Tenggara.AKBP. Indra Fadikah Siregar SH SIk MH, menyatakan bahwa aparat TNI Polri tetap bertekad membalikan predikat rangking 1 tingkat kerawanan tersebut,

 Dia menjelaskan, pengaman Pilkada di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara Polres Malra mendapat dukungan personil dari  Polda Maluku, namun perlu dukungan seluruh elemen masyarakat agar kita selalu menjaga proses pilkada ini dengan lancar.

Kapolres menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melaksanakan pawai piala dunia terlalu berlebihan agar terhindar dari gesekan antar massa.

Debat Kandidat terbagi dalam 6 segmen antara lain  Opening Statement dan penyampaian Visi Misi. tanya jawab visi misi kepada masing-masing Paslon,  pendalaman Tanya jawab Visi Misi kepada masing-masing Paslon, tanya jawab antara masing-masing Paslon, tanggapan tanya jawab/debat masing-masing Paslon, Closing statement masing-masing Paslon.

Opening Statement dan Penyampaian Visi Misi Paslon.Visi Paslon Urut 1 ( Satu) Drs Yunus Serang MSi - Eva Fransina Balubun SPt (SERASI) adalah mewujudkan masyarakat Kota Tual yang maju, mandiri dan sejahtera berbasis kearifan lokal.

Visi Paslon Urut 2 (Dua) Adam Rahayaan SAg MSi - Usman Tamnge (AMAN) adalah menciptakan kota tual yang BERADAT yaitu Beriman, Ekonomi kerakyatan, Resfonsif atau tanggap, Akuntable, Demokrastis, Amanah dan Transparansi.

Visi Paslon Urut 3 (Tiga) Drs Basri Addly Banjar MSi - Fadilah Rahawarin SPi (ADIL) adalah terwujudnya Kota Tual sebagai Kota Maren (Maju, Adil, Religi, Ekonomi Kerakyatan, Nasionalis) berbasis Maritim pada 2023.

Pendalaman Visi Misi Paslon Pasangan Serasi bahwa dalam bidang pendidikan dan kesehatan akan dilaksanakan pembangunan perpustakaan, pengadaan mobil ambulance, pemberian insentif guru dan bantuan pendidikan untuk 1100 calon dokter selama 5 tahun.

Pasangan Aman. mengatakan bahwa dalam kebijakan pembangunan ekonomi akan dilanjutkan pembangunan pasar dan sentra industri serta pemberdayaan sumber daya seperti pertanian, perikanan, perkebunan, pariwisata.

Pasangan Adil. mengatakan bahwa dalam prioritas sumber daya daerah, maka ke depan perlu dibangun sektor perikanan dan pariwisata, sarana prasarana, pemberian kemudahan kepada investor dan bantuan perikanan per KK.

Dalam debat publik kali ini, sempat terjadi keributan antara massa Paslon No Urut 2 dan 3. Keributan terjadi saat Calon Walikota Nomor Urut 2 menyarankan agar debat diefektifkan karena terlambat hampir 2 jam dan mempertimbangkan massa yang belum makan siang.

Pernyataan tersebut ditanggapi oleh salah satu pendukung Paslon No Urut 3 yang menyinggung debat pada waktu bulan puasa. Tidak terima dengan ucapan pendukung paslon nomor urut 3, massa pendukung Paslon No Urut 2 membanting kursi sehingga terjadi keributan. Pelaku yang menyulut keributan langsung diamankan oleh polisi
KPU Gelar Debat Kedua Pilwalkot Tual Reviewed by Tribun Maluku on 6/19/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.