Luturmas: Seminar Dorong Mutu Kompetensi Siswa

Drs. Edo Luturmas, M.Si 
AMBON Tribun-Maluku.com- Kegiatan seminar yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 6 Ambon diharapkan dapat mendorong peningkatan mutu kompetensi siswa, sehingga siswa tidak hanya mengembangkan pengetahuan namun juga skill dan sikap.

Seminar dengan tema: Kebijakan Publik dan Kesiapan Pekerja Sosial Menghadapi Persaingan Global yang Semakin Kompetitif, dilaksanakan di SMK Negeri 6 Ambon Rabu 6 Juni 2018 lalu,"kata Kepala SMKN 6 Ambon Drs. Edo Luturmas, M.Si di Ambon, Minggu (10/6/2018).

Menurut Luturmas, seminar tersebut merupaan bagian dari materi pembelajaran di SMK Negeri 6 Ambon karena SMK ini sebagai pilot project (sekolah sasaran), yang dipercayakan oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan Kurikulum 2013 (K-13) sejak tahun 2013 lalu.

Materi seminar sangat terkait dengan kompetensi keahlian di dalam Kurikulum 2013, khususnya jurusan Teknologi Laboratorium Medik (Analisis Kesehatan).

Ada lima jurusan pada SMK Negeri 6 Ambon yakni: Pekerjaan sosial (Perawatan Sosial), Multi Media, Akuntansi, Keperawatan dan Teknologi Laboratorium Medik (Analisis Kesehatan).

"Tahun Ajaran 2018 ini, kami lagi menjejaki untuk membuka jurusan baru yakni: jurusan Farmasi dan Telkom Distribution Tecnologi (Jaringan Internet),"ucapnya.

Dikatakan, pembukaan jurusan baru ini sesuai hasil analisis sosial terhadap peminatan di sekoolah ini, karena ada sejumlah siswa baru di beberapa SMP terdekat cenderung memilih kompetensi di bidang Kesehatan dan Multi Media.

Sehingga tidak salah untuk membuka bidang keahlian yang lain, sesuai dengan spektrum Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Untuk tenaga pengajar, akan direkrut sejumlah alumni sebagai tenaga honor dari Universitas Pattimura dan Politeknik Negeri Ambon bahkan di luar daerah, yang mempunyai kompetensi di bidang Multi Media, termasuk sejumlah guru SMK Negeri 6 yang sudah siap.

Penyerahan Piagam Kerja Sama
Seminar yang dilaksanakan diharapkan memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu lulusan SMK Negeri 6 Ambon.

"Seminar tersebut menghadirkan pembicara dari Dinas Sosial Promal (Frangki Terinate) DR. Hobert Sosselisa pakar Pekerja Sosial (Peksos) UKIM Ambon, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Promal, Ibu An Lessil, M.Si Kandidat Doktor Peksos UKIM Ambon, dan pembicara dari Indo German Education Consultants dengan materi prospek dan peluang melanjutkan studi dan pekerjaan di Jerman.

Sekaligus dilakukan penandatanganan MoU antara Indo German Education Consultants dengan SMK Negeri 6 Ambon. Sesuai dengan kebutuhan maka ke depan akan di buka jurusan Bahasa Jerman di SMK Negeri 6 Ambon selain Bahasa Inggris dan lainnya.(TM02)
Luturmas: Seminar Dorong Mutu Kompetensi Siswa Reviewed by Ibek Melsasail on 6/10/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
Diberdayakan oleh Blogger.