1.600 Rumah Tangga Di Ambon Jadi Sasaran SBH

Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si
AMBON Tribun-Maluku.com- Sebanyak 1.600 rumah tangga di Kota Ambon yang akan dilakukan Survei Biaya Hidup (SBH) dan pelaksanaan SBH dilakukan per triwulan, setiap triwulan sekitar 400 rumah tanggal yang di survei.

Dua kota di Provinsi Maluku yang akan dilakukan Survei Biaya Hidup (SBH) adalah Kota Ambon dan Kota Tual,"kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si di Ambon, Rabu (11/7/2018).

Menurut Hutauruk, pencatatan SBH dilakukan per triwulan oleh 105 petugas/pencacah, untuk Kota Ambon sebanyak 60 petugas dan Kota Tual 45 petugas sedangkan secara Nasional sebanyak 3.540 petugas.

SBH yang dilaksanakan di Kota Ambon terdapat pada empat kecamatan yakni: Sirimau, Amahusu, Baguala dan Teluak Ambon, sedangkan Kecamatan Leitimur Selatan tidak dilakukan SBH.

"Alasannya karena kecamatan tersebut masih kondisi pedesaan sedangkan SBH bersifat perkotaan,"ucapnya.

Dikatakan, setiap triwulan jumlah rumah tangga yang di survei tidak tetap namun berubah-ubah artinya, rumah tangga yang di survei pada triwulan satu berbeda dengan survei pada triwulan berikutnya.

Permasalahan yang sering dihadapai adalah pada rumah tangga biasa atau sederhana gampang mencari/memperoleh informasi, sementara untuk rumah tangga yang elit agak kesulitan.

Untuk itu, petugas SBH selalu dibekali baik dengan ilmu maupun tekni berkomunikasi sehingga mereka mampu melaksanakan tugas pencatatan dilapangan dengan baik.

Hutauruk menghimbau kepada masyarakat di Kota Ambon dan Kota Tual untuk dapat membantu/mensukseskan kegiatan SBH dimaksud, dengan cara memberikan data yang benar guna dipakai untuk menghitung inflasi atau deflasi.(TM02)
1.600 Rumah Tangga Di Ambon Jadi Sasaran SBH Reviewed by Ibek Melsasail on 7/11/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.