BKKBN Maluku Gelar Jambore Gesit

Abdulkadir Pellu, SE. M.Si (kanan)
AMBON Tribun-Maluku.com- BKKBN Provinsi Maluku menggelar Jambore (Orientasi) Gerakan Institusi Bangkit (GESIT) bagi PPKBD/Sub PPKBD (Kader) tingkat Provinsi Maluku tahun 2018, bertempat di Pantai Natsepa Desa Suli Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (13/7/2018).

Hadir dalam kegiatan dimaksud Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi (ADPIN) Abdulkadir Pellu, SE. M.Si sebagai narasumber, Serda Remon Telussa anggota TNI AD dari Bekangdam Kodam XVI Pattimura sebagai pelatih, para Pejabat Essalon IV BKKBN Maluku, serta 20 orang Kader PPKBD dari 11 kabupaten/kota se-Maluku.

Tujuan dari kegiatan ini adalah: Untuk mensosialisasikan progam Kependudukan Keluarga Berencan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bagi kader PPKBD sebagai ujung tombak keberhasilan program KB di lapangan, Memotivasi kader PPKBD untuk melakukan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) kepada masyarakat/keluarga di desa masing-masing tentang perkembangan IT dalam kaitan dengan program KKBPK.

Kabid ADPIN BKKBN Maluku Abdulkadir Pellu, SE. M.Si membuka dengan resmi Jambore dimaksud mengatakan, BKKBN tidak ansih berbicara soal KB namun mempunyai tugas yang cukup berat soal kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK).

Kedepan yang sangat diperlukan adalah kualitas sumber daya manusia (SDM) di Maluku. Untuk itu sejak dini sebuah keluarga harus direncanakan dengan baik dengan mengatur jarak kehamilan, serta mampu menerapkan delapan fungsi keluarga secara baik.

"Jika saat ini kualitas SDM kita tidak dibentuk dengan baik maka suatu saat nanti kita jangan merasa cemburu dengan keberhasilan atau kemajuan dari orang lain,"katanya.

Menurutnya, anak-anak kita harus dibekali dengan pendidikan yang baik sehingga suatu ketika mereka akan mampu membangun keluarganya, lingkungan tempat tinggalnya  bahkan daerahnya sendiri.

Para kader PPKBD sebagai ujung tombak dari BKKBN harus mampu memberikan pemahaman serta pengertian kepada keluarga, tentangga dan lingkungan sekitar tentang pentingnya melaksanakan delapan fungsi keluarga, agar kelak dapat membentuk SDM yang berkualitas.

"Selaku motivator di lapangan para kader PPKBD harus mampu memotivasi orang lain dengan kearifan lokal masing-masing, agar orang lain dapat mengerti serta memahami tentang pentingnya KB,"pesannya.

Sementara Serda Remon Telussa menyampaikan materi tentang kedisiplinan, peraturan baris berbaris (PBB), serta cara menghadapi permasalahan di lapangan. Dalam melaksanakan tugas di lapangan dibutuhkan sikap kedisiplinan dari Petugas Pembantu KB Desa (PPKBD).(TM02)
BKKBN Maluku Gelar Jambore Gesit Reviewed by Ibek Melsasail on 7/13/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.