BPS Maluku Gelar Sosialisasi SBH

 Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si
AMBON Tribun-Maluku.com-  Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku menggelar Sosialisasi Survei Biaya Hidup (SBH) di Kecamatan Sirimau Kota Ambon, bertempat di Aula Kantor Camat Sirimau Karang Panjang Ambon, Rabu (11/7/2018).


Hadir dalam sosialisasi dimaksud Kepala BPS Promal Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si, Pejabat Esalon 3 BPS Maluku, Kepala BPS Kota Ambon Ir. Chaterina H. Persulessy, Camat Sirimau  M.M. Lekatompessy, SSTP, M.Si serta peserta sosialisasi.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Promal Ir. Jessica E. Pupella, M.Si sebagai ketua penyelenggara dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini adalah: Untuk memberikan informasi SBH kepada aparat Pemerintah di Kecamatmatan Sirimau, Membantu petugas SBH agar dalam pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik.

Jumlah peserta sosialisasi sebanyak 68 orang terdiri dari: Pegawai Kecamatan Sirimau, Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Sirimau, Ketua RT/RW sampel dan petugas Survei Biaya Hidup.

Kepala BPS Promal Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si membuka dengan resmi sosialisasi dimaksud mengatakan, Survei Biya Hidup dari masyarakat sebagai salah satu indikator ekonomi dilaksanakan untuk mengukur inflasi dan deflasi.

Peserta
Kalau diruntun maka inflasi datangnya dari hasil survei-survei yang dilakukan oleh BPS tentang harga-harga konsumen, sehingga diperoleh Indek Harga Konsumen (IHK).

Indeks Harga Konsumen diperoleh dari beberapa komoditi yang dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, yang diperoleh dari paket komoditas yang dikumpulkan melalui SBH.

Menurutnya, SBH sudah dilakukan sejak bulan Desember 2017 dan pelaksanaan dilapangan dimulai bulan Januari sampai Desember 2018 jadi SBH itu berlangsung setahun penuh.

Mereka yang di data oleh petugas SBH adalah, rumah tangga-rumah tangga yang terpilih yang dilaksanakan di dua kota yaitu Kota Ambon dan Kota Tual.

Petugas SBH akan mengumpulkan tentang biaya-biaya hidup baik untuk makanan maupun untuk non makanan. Terjadi perbedaan dalam pengumpulan data makanan dan non makanan. Untuk non makanan dikumpulkan hampir setiap bulan, sementara makanan dikumpulkan pada akhir triwulan sehingga pengumpulannya agak berbeda.

"Hutauruk meminta petugas SBH untuk lebih sabar menghadapi rumah tangga-rumah tangga yang akan memberikan data,"ucapnya.

Ir. Jessica E. Pupella, M.Si
Dikatakan, sosialisasi SBH bertujuan untuk mendukung kegiatan Nasional dengan mengetahui apakah kondisi kita inflasi atau deflasi. Untuk itu kepala desa/lurah di Kec. Sirimau diminta untuk mendukung suksesnya pelaksanaan SBH dimaksud.

Hutauruk berharap, masyarakat dapat memberikan data apa adanya dan jangan memberikan argumen yang kurang memuaskan, serta membantu petugas SBH dalam melaksanakan tugas pendataan di lapangan.(TM02)
BPS Maluku Gelar Sosialisasi SBH Reviewed by Ibek Melsasail on 7/11/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.