Sosialisasi SBH, Kembali Dilaksanakan Di Kecamatan Nusaniwe

Hellen N. Ritiauw, S.STP,
AMBON Tribun-Maluku.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku kembali melaksanakan Sosialisasi Survei Biaya Hidup (SBH) Tahun 2018 di Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, bertempat di Aula Kantor Camat Nusaniwe, Kamis (12/7/2018).

Hadir dalam sosialisasi dimaksud Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Maluku Ir. Jessica Pupella, M.Si, Kasie Trantib Kecamatan Nusaniwe Hellen N. Ritiauw, S.STP, dan 61 orang peserta yang terdiri dari: pengawas kantor kecamatan, kepala desa/kelurahan, ketua RT dan ketua SLS (Satuan Lingkungan Setempat) dari lokasi sampel SBH, petugas pencacah SBH, pengawasa BPS Provinsi dan BPS Kota Ambon.

Kepala Seksi Statistik Produksi BPS Kota Ambon Nurbaya Sangadji, SE melaporkan, tujuan sosialisasi SBH 2018 adalah: Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terutama aparat pemerintah tentang pentingnya data, Menyebarluaskan informasi tentang pentingnya SBH bagi perencanaan dan evaluasi tingkat perekonomian nasional maupun daerah, dan Mendukung kelancaran petugas SBH 2018 di lapangan.

Peserta
Kepala Seksi (Kasie) Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Nusaniwe Hellen N. Ritiauw, S.STP atas nama Camat Nusaniwe, membuka dengan resmi sosialisasi di maksud.

Dalam sambutannya Hellen N. Ritiauw mengatakan, BPS merupakan lembaga independen yang diberikan kewenangan oleh UU nomor 16 tahun 1997 tentang Statistik, untuk melakukan kegiatan perstatistikan di Indonesia.

Menurutnya, tiga kegiatan dasar yang dilakukan BPS adalah Sensus Penduduk yang dilaksanakan setiap tahun berakhiran angka 0, Sensus Pertanian pada tahun berakhiran angka 3 dan Sensus Ekonomi pada tahun berakhiran angka 6.

Kegiatan Survei Biaya Hidup 2018 bermaksud untuk: Mendapatkan pola konsumsi masyarakat kota (makanan dan non makanan), Menyusun diagram timbang dan peket komoditas terbaru untuk menghitung Indeks Harga Konsumen yang akan dipergunakan untuk memperoleh angka inflasi atau deflasi.

SBH dilakukan pada 90 kota di Indonesia, termasuk di Maluku yaitu di Kota Ambon dan Kota Tual. SBH 2018 telah dilaksanakan sejak Desember 2017 lalu dan akan berlangsung terus sampai Desember 2018.

Nurbaya Sangadji, SE
Dikatakan, SBH dilaksanakan setiap lima tahun sekali untuk menangkap perubahan pola konsumsi dalam masyarakat perkotaan. SBH tahun 2012 lalu dengan hasil yang diperoleh sekitar 1700 komoditas dan 368 komoditas yang dimonitor dan dicacah harganya.

Diharapkan, SBH 2018 ini jumlah komoditas harus bertambah seiring dengan perkembangan yang terjadi.(TM02)
Sosialisasi SBH, Kembali Dilaksanakan Di Kecamatan Nusaniwe Reviewed by Ibek Melsasail on 7/12/2018 Rating: 5
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsLoadHide
All Rights Reserved by Tribun-Maluku.com | Berita Maluku Terkini © 2014 - 2016
Diberdayakan oleh Blogger.